Perancangan Identitas Rumah Kucing Bandung Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Kota Bandung

Ardhiansyah Putra Pratama

Sari


ABSTRAK
Corporate Identity merupakan unsur terpenting dalam sebuar Brand. Karena dengan identitas yang kuat dari sebuah brand akan lebih mudah dikenali dan dibedakan dengan pesaingnya. Dalam hal ini Rumah Kucing Bandung belum memiliki identitas yang kuat,terbukti dalam 2 tahun terakhir Rumah Kucing Bandung telah berganti logo sebanyak 2 kali sehingga mereka cukup sulit dikenali dan dibedakan dengan yang lain, oleh karena itu diperlukan rancangan identitas yang kuat untuk lebih mengangkat Rumah Kucing Bandung. Perancangan identitas ini dilakukan melalui perancangan corporate identity yaitu dengan merubah logo lama dengan logo baru dan merancang aplikasi logo baru ini kepada segala sesuatu yang berkaitan dengan Rumah Kucing Bandung, seperti stationery, merchandise, dan media promosi lainnya. Logo baru yang dirancang untuk Rumah Kucing Bandung. ini harus lah dapat menggambarkan citra dan konsep dari Rumah Kucing Bandung itu sendiri, mengingat ini lembaga sosial non profit yang bergerak dibidang perlindungan kucing liar maka dirancangan lah logo dengan bentuk kucing yang memiliki ruang kosong dengan tangan yang sedang memeluk, dan keseluruhannya dapat menyerupai kucing yang sedang berada dalam pelukan seseorang. Bentuk kucing dipilih berdasarkan subjek utama yang dilindungi oleh Rumah Kucing Bandung yaitu kucing liar, sedangkan bentuk tangan yang sedang memeluk dipilih untuk menggambarkan citra Rumah Kucing Bandung yang melindungin dan merawat kucing liar yang terluka dan sakit. Penulis berharap dengan rancangan identitas Rumah Kucing Bandung yang baru bisa lebih memperkuat identitas dan citra dari Rumah Kucing Bandung.

Kata Kunci : Corporate Identity, Branding, cat.


ABSTRACT
Corporate identity is an element within a Brand. Because with a strong identity of a brand will be more easily recognizable and differentiated with competitors. In this case the house cat Bandung yet have a strong identity, evident in the last 2 years house cat Bandung has changed its logo as much as 2 times so they are quite difficult to be recognized and distinguished from the others. Therefore needed a strong tool to better lift the Cat House Bandung. This identity design is done through the design of corporate identity by changing the old logo with new logo and arrange this new logo application for everything related to Rumah Kucing Bandung, like stationery, merchandise, and other promotion media. New logo designed for Rumah Kucing Bandung. This should be able to abbreviate the image and the concept of Rumah Kucing Bandung itself, considering this non-profit social institutions engaged in the legitimate stray cat is a logo with the shape of a cat that has a blank space with a hugging hand, and the whole can hold a cat Being in someone's arms The shape of a cat is chosen based on the main subject protected by Rumah Kucing Bandung, which is a stray cat, while the hugging form is chosen to break through the Bandung Cat House which protects and cares for the injured and sick liars. The author hopes with the Brand identity of the new Cat House Bandung can be stronger identity and image Rumah Kucing Bandung.

Keywords: Corporate Identity, Branding, Cat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angraini S, Lia dan Kirana Nathalia. 2016. Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia

Hick, Jhon. 2011. The Icon Handbook. UK: Five Simple Steps

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Prima, Wika. 2013. Fakta-fakta ilmiah keistimewaan pada KUCING Diambil dari: https://wikaprima.wordpress.com/info-kesehatan/fakta-fakta-ilmiah-keistimewaan-pada-kucing/. (10 Mei 2017)

Maulidi, Achmad. 2016. Pengertian Brand, Branding, dan Rebranding Perusahaan. Diambil dari: http://www.kanal.web.id/2016/09/pengertian-brand-branding-rebranding.html. (10 Mei 2017)

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand

Identity. USA: Jhon Wiley & Sons, Inc.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI