Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Memperkenalkan Tokoh Pahlawan Jawa Barat

Bubun Bunyamin

Sari


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah umtuk memperkenalkan tokoh pahlawan Jawa Barat kepada siswa-siswi SDN Ciadas Barat dengan media gambar berupa karikatur. Perancangan media pembelajaran pengenalan tokoh pahlawan Jawa barat ini diharapkan memenuhi kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar sejarah. Media pembelajaran yang berupa buku ini, disajikan dalam bentuk biografi singkat dengan menggunakan media karikatur guna meningkatkan minat baca para siswa-siswi dan senantiasa untuk selalu mengenang jasa para pahlawan Indonesia khususnya Jawa Barat. Dengan dibuatnya media iklan layanan masyarakat ini diarapkan para siswa SDN Cicadas Barat dapat dengan mudah mengenali para pahlaawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan mengorbankan jiwa, raga, harta, benda, waktu dan segala yang dimilikinya hingga tercapainya Indonesia yang merdeka.

Kata kunci : Tokoh Pahlawan Jawa Barat, Sekolah Dasar, Media, Iklan Layanan Masyarakat


ABSTRACT
The purpose of this study is to introduce the team to the hero of West Java to the students of SDN Ciadas West with media images of caricature. The design of instructional media introduction of the hero of West Java is expected to meet the needs of educators and learners in the teaching and learning of history. Learning media in the form of this book, presented in the form of a short biography by using the media caricature in order to increase interest in reading the students and always to keep the services of the heroes of Indonesia, especially in West Java. With the creation of this public service advertisement media is expected that students of West Cicadas Elementary School can easily recognize the pahlaawan who have fought for the independence of Indonesia at the expense of soul, body, property, objects, time and everything it has until the achievement of an independent Indonesia.

Keywords: People Heroes West Java, Elementary SchooL, Media, Public Service Announcements.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Nasution, Amir Hamzah. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Presskusria.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Paul Suparno, Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, Cet I, 2006, hal.11

Venus, Antar. 2004. Manajeman Kampanye : Panduan Teoritis dan Praktis dalam mengefektifkan kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zariyal, Bima. 2010. Pahlawan Indonesia. Jakarta: Media Puspindo.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI