PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KACANG ATOM GDR UNTUK PEMASARANNYA DI KOTA BANDUNG
Sari
ABSTRAK
Salah satu aspek desain komunikasi visual adalah mempromosikan barang atau jasa secara
komersil melalui media visual untuk menyampaikan tujuan. Dalam pemasaran suatu produk, jika tidak
didukung oleh kegiatan promosi, informasi dan pesan tentang produk akan sulit tersampaikan kepada
target sasaran. Kacang Atom GDR telah berkecimpung dalam usaha makanan ringan sejak
pertengahan tahun 1992, pemasarannya telah meliputi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jambi
dan Mentawai. Perusahaan lokal ini sangat yakin dengan kualitas dan cita rasa dari produk yang
dihasilkan, produk ini akan memasuki wilayah kota Bandung sebagai langkah baru dalam
pemasarannya. Promosi yang kreatif sangat diperlukan dalam mengenalkan produk ini kepada
masyarakat kota Bandung, dan diharapkan dengan media komunikasi visual yang dirancang,
masyarakat dapat mengenal dan menjadikan kacang atom GDR sebagai makan ringan kesukaan
mereka.
Kata kunci : desain, desain komunikasi visual, promosi, iklan komersial, makanan ringan, kacang
atom gdr
ABSTRACT
Visual communication be the kind of aspect to promote some goods or useful thing through
visual media to get of goal. In marketing a product, if it is not supported by promotion
activities,information and messages about the product delivered to the same target will be difficult to
the target audience.Kacang atom GDR has been in the snack food business since the mid 1992. The
area market of this product are West Sumatera, North Sumatera, Riau, Jambi and also mentawai. The
local company is Very confidentwith the quality and flavorof the products produced.this product will
enter the city of Bandung as a new step in its marketing.Creative promotional indispensabl e in
introducing this product to people in Bandung. And with the expected visual communications media
designed,community can get to know and make peanut GDR atom as their favorite snack.
Keyword : design, design comunication visual, promotion, commersial advertising, snacks, atom nuts
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alma, Buchari. 2000. Manajemen pemasaran
dan pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta
Hendratman, Hendi. 2009. Graphics Desain.
Bandung: Informatika.
Hendra (Penterjemah). 2002. Manajemen
Pemasaran/Philip Kotler. Jakarta :
Prerhallindo
Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen
Periklanan, Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain
Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi
Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana
biro iklan memproduksi iklan.
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Ma’uf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta
: PT.Gramedia Pustaka Utama
Miftahul, A’la. 2010. Super kreatif gokil &
murah membuat iklan. Jakarta : PT.
Gramedia Pustaka Utama
Pujirianto. 2005. Desain Grafis Komputer.
Yogyakarta: Andi.
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen
Pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya
Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan
Unsur-unsur Pemasaran. Bandung :
CV. Linda Karya
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain
Komunikasi Visual – Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta : CV.Andi Offset
Sutiono, Rudy Jusup. 2009. Visual
Merchandising Attraction. Jakarta :
PT.Gramedia Pustaka Utama
Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis
Untuk Periklanan. Yogyakarta :
CV.Andi Offset
Teguh (Penterjemah). 2004. Manajemen
pemasaran/philip kotler. Jakarta :
PT.Indeks
Tjiptono, fandy. 1997. Strategi pemasaran.
Yogyakarta : CV. Andi Offset
Widowati, Heningtyas dan Novi Mayasari.
Irama Visual. Yogyakarta:
Jalasutra dan ISI Yogyakarta