PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KACANG ATOM GDR UNTUK PEMASARANNYA DI KOTA BANDUNG

Raihan Raihan

Sari


ABSTRAK

Salah satu aspek desain komunikasi visual adalah mempromosikan barang atau jasa secara

komersil melalui media visual untuk menyampaikan tujuan. Dalam pemasaran suatu produk, jika tidak

didukung oleh kegiatan promosi, informasi dan pesan tentang produk akan sulit tersampaikan kepada

target  sasaran.  Kacang  Atom  GDR  telah  berkecimpung  dalam  usaha  makanan  ringan  sejak

pertengahan tahun 1992, pemasarannya telah meliputi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jambi

dan Mentawai. Perusahaan lokal ini sangat yakin dengan kualitas dan cita rasa dari produk yang

dihasilkan, produk ini akan memasuki wilayah kota Bandung sebagai langkah baru dalam

pemasarannya. Promosi yang kreatif sangat diperlukan dalam mengenalkan produk ini kepada

masyarakat  kota  Bandung,  dan  diharapkan  dengan  media  komunikasi  visual  yang  dirancang,

masyarakat dapat mengenal dan  menjadikan  kacang atom GDR sebagai  makan  ringan  kesukaan

mereka.

Kata kunci : desain, desain komunikasi visual, promosi, iklan komersial, makanan ringan, kacang

atom gdr

ABSTRACT

Visual communication  be the kind of  aspect to promote some goods or useful thing through

visual media to get of   goal. In marketing a product, if it is not supported by promotion

activities,information and messages about the product delivered to the same target will be difficult to

the target audience.Kacang atom GDR has been in the snack food business since the mid 1992. The

area market of this product are West Sumatera, North Sumatera, Riau, Jambi and also mentawai. The

local company is Very confidentwith the quality and flavorof the products produced.this product will

enter the city of Bandung as a new step in its marketing.Creative promotional indispensabl e in

introducing this product to people in Bandung. And with the expected visual communications media

designed,community can get to know and make peanut GDR atom as their favorite snack.

Keyword : design, design comunication visual, promotion, commersial advertising, snacks, atom nuts



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. 2000. Manajemen pemasaran

dan pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta

Hendratman, Hendi. 2009. Graphics Desain.

Bandung: Informatika.

Hendra (Penterjemah). 2002. Manajemen

Pemasaran/Philip Kotler. Jakarta :

Prerhallindo

Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen

Periklanan, Jakarta : Gramedia Pustaka

Utama

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain

Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi

Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana

biro iklan memproduksi iklan.

Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Ma’uf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta

: PT.Gramedia Pustaka Utama

Miftahul, A’la. 2010. Super kreatif gokil &

murah membuat iklan. Jakarta : PT.

Gramedia Pustaka Utama

Pujirianto. 2005. Desain Grafis Komputer.

Yogyakarta: Andi.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen

Pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan

Unsur-unsur Pemasaran. Bandung :

CV. Linda Karya

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain

Komunikasi Visual – Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta : CV.Andi Offset

Sutiono, Rudy Jusup. 2009. Visual

Merchandising Attraction. Jakarta :

PT.Gramedia Pustaka Utama

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis

Untuk Periklanan. Yogyakarta :

CV.Andi Offset

Teguh (Penterjemah). 2004. Manajemen

pemasaran/philip kotler. Jakarta :

PT.Indeks

Tjiptono, fandy. 1997. Strategi pemasaran.

Yogyakarta : CV. Andi Offset

Widowati, Heningtyas dan Novi Mayasari.

Irama Visual. Yogyakarta:

Jalasutra dan ISI Yogyakarta






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI