PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAFIS SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA DAN KESENIAN WAYANG GOLEK

Tyara Umi Yuhanis Sarahdibba

Sari


Pada industri kreatif saat ini, animasi adalah media yang populer digunakan oleh industri hiburan. Animasi motion grafis adalah cara yang umum untuk menangkap perhatian dan mengekspresikan pesan atau menyampaikan informasi. Teknologi komputer berkembang dengan sangat pesat, hardware dan software yang dibuat telah memenuhi syarat untuk membuat animasi dengan efek khusus, baik film 3D atau 2D tapi animasi motion grafis juga tidak kalah menarik. Di Indonesia masih jarang animasi untuk memperkenalkan sejarah wayang, sehingga anak-anak milenial tidak banyak yang mengetahui asal-muasal sejarah wayang.  Dalam proposal skripsi ini, penulis mencoba untuk membuat dan memperkenalkan sejarah wayang melalui animasi motion grafis sederhana berjudul “Miya dan Wayang” yang dapat dinikmati oleh semua orang khususnya anak-anak. Pembuatan animasi motion grafis ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan referensi bagi pembaca juga untuk mengetahui sejarah wayang itu sendiri.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aizid, R. (2012). Atlas Tokoh-Tokoh Wayang. Yogjakarta : Diva Press.

Halbertsma, M., Van Stipriaan., Van Ulzen, P. (2011). The Heritage Theatre. Globalisation and Cultural Heritage.

Suryana, Jajang. (2002). Wayang Golek Sunda, Kajian Estetika Rupa Tokohg Golek. Bandung : PT. Kiblat Buku Utama.




##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI