PENGARUH KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI

Rini Adriani Auliana, Endang Sri Andayani

Abstract


Memahami pengantar akuntansi sangat penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk memudahkannya mempelajari mata kuliah akuntansi berikutnya seperti akuntansi keuangan menengah dan akuntansi keuangan lanjutan. Mahasiswa yang memiliki pemahaman pengantar akuntansi rendah akan mengalami kesulitan mempelajari mata kuliah akuntansi lanjutan. Oleh karena itu, pemahaman pengantar akuntansi yang kuat sangat diperlukan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami mata kuliah akuntansi lanjutan yang lebih kompleks dan untuk mencegah ketidakmampuan mahasiswa dalam menjelaskan konsep akuntansi secara luas. Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat pemahaman pengantar akuntansi adalah kecerdasan. Penelitian ini membahas kecerdasan berdasarkan teori multiple intelligences Howard Gardner. Tujuan penelitian adalah mengetahui: (1) Pengaruh kecerdasan logika-matematis terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi; (2) Pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi; dan (3) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian eksplanasi. Terdapat tiga variabel independen yaitu kecerdasan logika-matematis (X1), kecerdasan intrapersonal (X2) dan kecerdasan interpersonal (X3) serta satu variabel dependen yaitu pemahaman pengantar akuntansi (Y). Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2019 sejumlah 294 mahasiswa. Sampel yang digunakan sejumlah 170 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logika-matematis berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman pengantar akuntansi, kecerdasan intrapersonal tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi dan kecerdasan interpersonal tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Logika-matematis, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Pemahaman Pengantar Akuntansi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9786

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License