Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Akuntansi Di Era New Normal

Tio Prasetio, Reni Hariyani

Abstract


Abstrak  - Wabah Covid-19 memberikan banyak pelajaran hidup yang baru bagi masyarakat. Salah satunya dalam dunia pendidikan yaitu dengan diselenggarakannya pembelajaran daring di era new normal. Kendala dalam belajar daring ditemukan oleh mahasiswa, khususnya pada mata kuliah akuntansi yang berisi mayoritas praktik hitung-hitungan. Sehingga mahasiswa perlu melakukan adaptasi dengan kebiasaan baru secara cepat dalam proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah akuntansi di era new normal. Metode penelitian  ini  yaitu deskriptif kualitatif yang berfokus pada tiga aspek yaitu materi pengajaran, metodologi mengajar, dan soft skill.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur dan mahasiswa Program Studi Sekretari Akademi Sekretari Budi Luhur. Dengan sampel berjumlah 127 responden yang  diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam mengukur persepsi mahasiswa dalam penelitian ini menggunakan kategori interpretasi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk rata-rata persentase aspek materi pengajaran masuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 50,67%. Aspek metodologi mengajar memiliki rata-rata persentase masuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 46,75%. Dan untuk rata-rata persentase aspek soft skill masuk kategori rendah yaitu sebesar 46,6%. Sehingga pembelajaran tatap muka sangat diperlukan dalam mata kuliah akuntansi yang membutuhkan pendampingan dan penjelasan materi kuliah secara langsung dari dosen. 

 

Kata Kunci: Pembelajaran daring, akuntansi, mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Fadhilah, G. A. (2020). Peran Lingkungan Belajar dalam Menyikapi Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 106–116. https://doi.org/10.35569

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

https://covid19.go.id/. (2020). Satuan Tugas Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/

Kashada, A., Li, H., & Koshadah, O. (2018). Analysis approach to identify factors influence digital learning technology adoption and utilization in developing countries. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2), 48–59. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i02.7399

Komarudin, M. P. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid19. Majora, 26(2), 56–66. https://journal.uny.ac.id/index.php/majora

Martani, D. (2020). Akuntansi New Normal Peluang dan Penelitian Akuntansi. Departemen Akuntansi FEBUI.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2017). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 19(2), 148–152. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta (ed.)). Bandung.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9687

Copyright (c) 2021 Jurnal Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License