Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19

Amelda Pramezwary, Juliana Juliana, Jennifer Winata, Roselynn Tanesha, Tiffanysius Armando

Abstract


Abstrak - Adanya pandemi covid-19 membuat semua industri terdampak, begitu juga dengan coffee shop. Menghadapi adanya pandemi ini, brand trust dan promosi penjualan menjadi salah satu fokus utama dari strategi coffee shopBrand trust terdiri dari kepercayaan, rasa aman dan kejujuran terhadap konsumen. Promosi penjualan terdiri dari frekuensi, kuantitas, waktu dan ketepatan sasaran promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh positif dari brand trust dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks pada masa covid-19. Penelitian dilakukan secara online dengan menyebarkan kuesioner melalui google forms kepada 200 responden dengan menggunakan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis data yang diperoleh dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji F serta uji t, yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan brand trust menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks pada masa covid-19. Brand Trust merupakan variabel yang menunjukkan pengaruh paling signifikan dalam penelitian ini, terutama di masa covid-19 dimana konsumen lebih tertarik dengan brand Starbucks Coffee dibandingkan merek coffee shop lainnya.

Kata Kunci: Brand Trust, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis, 5(3), 1–10.

Adji, J. (2014). Pengaruh Satisfaction Dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2.

Arifah, P. Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk , Promosi , dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Minat Membeli Kembali Starbucks Coffee di Jl . Diponegoro Medan. Universitas Sumatera Utara.

Aisyah, Y. (2020, June 13). Bagaimana Protokol New Normal di Starbucks Indonesia? Retrieved October 7, 2020, from https://www.kompas.com/food/read/2020/06/13/215600875/bagaimana-protokol-new-normal-di-starbucks-indonesia-

Augustinus, R. (2018). Analisa Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen Starbucks Coffee Di Bandung. Universitas Kristen Maranatha.

El Naggar, R. A. A., & Bendary, N. (2017). The Impact of Experience and Brand Trust on Brand Loyalty, While Considering The Mediating Effect of Brand Equity Dimensions, an Empirical Study on Mobile Operator Subscribers in Egypt. The Business and Management Revieq, 9(2), 16–25.

Fiona. (2016). Pengaruh Promosi Advertising, Internet Marketing, Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks PVJ Bandung. Universitas Kristen Maranatha.

Hanifah, R. D., & Hartono, F. (2017). Pengaruh Sales Promotion Tumbler Day terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Starbucks Coffee JIExpo Kemayoran. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 3(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle of Marketing (15th ed.). Pearson Education. inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pretice Hall.

Lantara, A. A. M. O., & Pramudana, K. A. S. (2020). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(1), 218. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i01.p12

Nangoy, C. L., & Tumbuan, W. J. F. A. (2018). The Effect Of Advertising And Sales Promotion On Consumer Buying Decision Of Indovision TV Cable Provider. EMBA, 6(3).

Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks (Studi Pada Konsumen Domestik Starbucks Coffee di Wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 470. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p18

Rahmawati, Y., & Nilowardono, S. (2018). The Effect Of Product Quality, Brand Trust, Price And Sales Promotion On Purchase Decisions On Royal Residence Surabaya (Case Study In PT. Propnex Realti Visit). International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 1(1).

Rakhmat, C. A. (2011). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Starbucks Coffee). pengaruh promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada Starbucks Coffee). Universitas Indonesia.

Raymond. (2017). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Niat Beli Ulang Di Bar & Resto Perky Pedro. Universitas Katolik Parahyangan Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen. Universitas Katolik Parahyangan.

Rodiques, Y., & Rahanatha, G. B. (2018). Peran Brand Trust Memediasi Hubungan Brand Image Dengan Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Iphone di Kota Denpasar ). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1310–1338.

Rohman, A. M. (2019). Permintaan Kopi Nasional Tumbuh Tujuh Persen. Retrieved October 7, 2020, from https://www.suaramerdeka.com/news/baca/198824/permintaan-kopi-nasional-tumbuh-tujuh-persen

Saladin, D. (2016). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian di Sandy Jaya Furniture Jepara. Jurnal Studi Manajemen Bisnis. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/jsmb/article/view/3770

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (7th ed.). John Wiley & Sons Limited.

Soim, F. M., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Kartu Perdana Simpati di Booth Telkomsel Matos). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 146–153.

Starbucks Coffee Company. (2019). Starbucks In Indonesia | Starbucks Coffee Company. Retrieved October 7, 2020, from http://www.starbucks.co.id/about-us/our-heritage/starbucks-in-indonesia

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, D. (2015). Luar Biasa Bisnis Restoran Indonesia. (I. Hardiman, Ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376

Copyright (c) 2021 Jurnal Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License