Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service

Tubagus Mahendra Kusuma, Dadang Hermawan

Abstract


Abstrak  - Tujuan  penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan social influence terhadap keputusan pembelian menggunakan jasa layanan pesan-antar makanan daring. Responden pada penelitian ini adalah 80 mahasiswa ITB STIKOM Bali dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar secara daring. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah yang pertama diduga bahwa ada pengaruh signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dan yang kedua diduga bahwa ada pengaruh signifikan variabel social influence terhadap keputusan pembelian. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Simpulan dari hasil analisis adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian menggunakan jasa layanan pesan-antar makanan daring dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara social influence terhadap keputusan pembelian menggunakan jasa layanan pesan-antar makanan daring. Pengaruh variabel kualitas pelayanan dan social influence  terhadap keputusan pembelian sebesar 43,5% sisanya sebesar 56,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, social influence, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, C. & Kusuma, TM. (2019). Analysis of Student Interest In Using Digital Wallet Services. http://ijlemr.com/papers/volume4-issue10/6-IJLEMR-44246.pdf

Cahya, Putriana. (2019). Millenials Kecanduan Pesan Antar Makanan Hemat Waktu Atau Malas. Retrieved from https://www.idntimes.com/food/dining-guide/amp/putriana-cahya/millenials-kecanduan-pesan-antar-makanan-hemat-atau-malas

Kotler, Philip, dan Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing. 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Liza, Y., R. Wulandari, and A. Prihatini. (2018). Pengaruh Tarif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Go-Ride (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 290-298.

Numadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online, Skripsi FEB Islam UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1099/1/NURMADINA.pdf

Priyatmoko, Andi S., (2015). Pengaruh Lifestyle dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Sepatu Futsal Merek Specs). Skripsi Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/2324/112210078-Slamet%20Andi%20Priyatmoko.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Ramdhani, Arif. (2011). Penilaian Kinerja. Bandung : PT Sarana Panca Karya Nusa.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Wang, Edward Shih-Tse & Chou, Nicole Pei-Yu. (2014). Consumer Characteristics, Social Influence, and System Factors on Online Group-Buying Repurchasing Intention. Journal of Electronic Commerce Research (VOL 15). NO 2, 2014.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8724

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License