Studi Kepuasan Pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang

Rr Retno Sugiharti, Kinanti Dwi Muliastuti

Abstract


Abstrak  - Dalam pemberian pelayanan kepada pelanggan, aspek kepuasan adalah aspek yang penting untuk mengukur kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator atau faktor apa saja yang memiliki kontribusi tinggi dalam survey kepuasan pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang. Aspek kepuasan untuk megukur kepuasan pelanggan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aspek pelayanan umum, aspek pelayanan fasilitas, aspek pelayanan jaminan, aspek pelayanan administratif, dan aspek biaya. Metode analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) Second Order. Metode ini digunakan untuk mengkonfirmasi ­besaran kekuatan masing-masing aspek kepuasan pelanggan dan dalam pengolahannya dilakukan menggunakan software AMOS V.24. Data penelitian ini dikumpulkan dari 100 responden peserta BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang. Hasil analisis dari penelitian ini adalah melihat adanya kontribusi tertinggi tiap indicator yaitu pelayanan umum dengan prosedur penerimaan dilayani secara cepat dan tidak berbelit-belit, variabel pelayanan fasilitas dengan taman yang tertata rapi, variabel pelayanan administratif dengan pelayanan administrasi cepat dan tepat, dan variabel biaya pemberian jaminan yang sesuai.

 

Kata Kunci: kepuasan pelanggan, Confirmatory Factor Analysis


Full Text:

PDF

References


Efendi, M. M., & Purnomo, J. D. T. (2012). Analisis Faktor Konfirmatori untuk mengetahui kesadaran berlalu lintas pengendara sepeda motor di Surabaya Timur. Jurnal sains dan seni ITS, 1(1), D106-D111.

Mayangsari, R., & Irawati, R. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Kek Pisang Villa Kota Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 228-241.

Dewi, N. A., Rahmawati, R., & Mukid, M. A. (2015). Analisis kepuasan pengunjung menggunakan second order confirmatory factor analysis pada structural equation modeling (studi kasus: pengunjung pemandian air panas (PAP) Guci). Jurnal Gaussian, 4(1), 83-92.

Darman, D. M., Restuhadi, F., & Eliza, E. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Pasar Bu (Doctoral dissertation, Riau University).

Gunawan, L. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Toko Bintang Terang. Agora, 4(1), 424-434.

Abidin, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(2), 70-75.

Wati, W., Machmud, R., & Yurniwati, Y. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Kabupaten Kerinci. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 366-375.

Asmara, Y. (2016). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Terhadap Pelayanan di Kawasan Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Hidayah, L. N., & Santoso, T. (2015). Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (Studi tentang pemberian pelayanan BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga kerja di Kantor BPJS Cabang Rungkut Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01).

Armila, E. Z. (2018). ANALISIS KINERJA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG SEMARANG PEMUDA UNTUK MENINGKATKAN PERLUASAN KEPESERTAAN SEKTOR INFORMAL (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Hartono, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening di Toko Kalimas. Agora, 6(2).

Romaji, R., & Nasihah, L. (2018). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DAN NON BPJS DI RSUD GAMBIRAN KEDIRI JAWA TIMUR. Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 3(2), 143-147.

Laili, M. (2014). Second-order confirmatory factor analysis pada kemiskinan di Kabupaten




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8588

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License