Kualitas Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT ABC
Abstract
Abstrak - Komunikasi pemasaran adalah suatu cara berkomunikasi perusahaan terhadap konsumen yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran dalam mencapai tujuan suatu perusahaan memaksimalkan keuntungan. Dengan menggunakan komunikasi yang berkualitas diharapkan akan menumbuhkan niat konsumen dalam mengambil suatu keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer menyebarkan kuesioner pada 50 responden yang merupakan calon pembeli PT ABC yang datang ke toko dan populasi pada PT ABC tidak terhingga, tidak memiliki jumlah tetap sehingga sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling. Konsep perhitungan yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji instrument, populasi, sampel, skala likert, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan persamaan regresi. Pengujian indikator atau kuesioner menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kualitas komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian secara keseluruhan memperoleh hasil yang positif dan signifikan. Kemampuan PT ABC dalam berkomunikasi memberikan pengaruh secara akurat kepada pelanggannya dalam mempengaruhi keputusan pembelian
Kata Kunci: Kualitas Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDFReferences
Alfiani, Lia, Nawazirul Lubis, dan A. W. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Multilevel Marketing (Studi Pada PT Sinar Nusa Indonesia Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Social and Politic, 1–7. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/5198
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi Untuk Umkm. NeO-Bis, 8(2), 176–189. Retrieved from http://kompetensi.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472
Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU ( Pajus ) Medan. Keuangan Dan Bisnis, 7(3). Retrieved from https://osf.io/preprints/inarxiv/2dg3q/
Kuspriyono, T. (2017). Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar Taat. Perspektif, XV(2), 147–154. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/2231
Manik, S., & Syafrina, N. (2018). Pengaruh Insentif dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Zuri Duri, 4(1), 10–16. Retrieved from http://ejournal.kompetif.com/index.php/dayasaing/article/view/126
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Tumbelaka, M., & Loindong, S. (2014). Servicescape Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Britama Bank BRI Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manjamen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1239–1250. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/4708
Utama, D. C. (2019). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Bekasi. Perspektif, 17(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/5320
DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7574
Copyright (c) 2020 Jurnal Perspektif
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License