Sistem Informasi Pendaftaran Online Pengujian Barang Dengan Penerapan Model Rapid Application Development (RAD)

Tri Retnasari

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media komunikasi dan pertukaran informasi agar memperoleh informasi yang cepat, tepat serta akurat, sudah menjadi kebutuhan yang tidak terlepaskan pada saat ini. Pada unit pelayanan teknis pengujian mutu barang, teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk mendokumentasikan informasi agar pada saat di butuhkan dokumen tersebut dapat segera memberikan informasi yang cepat, terpat serta akurat. Tujuan dari rancang bangun sistem informasi ini adalah untuk mempercepat petugas dalam melakukan pelayanan teknis pengujian mutu barang serta mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi terhadap pengujian mutu barang. Balai Pengujian Mutu Barang (BPMB) membutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Solusi dari permasalahan yang tepat adalah dengan mengimplementasikan suatu sistem informasi pendaftaran online sehingga mempermudah Balai Pengujian Mutu Barang (BPMB) dalam memberikan pelayanan terutama pada teknis pengujian mutu barang dan melaksanakan pengembangan jasa pengujian serta meningkatkan sistem kinerjanya agar lebih optimal. Metode Penelitian menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Penerapan model Rapid Application Development (RAD), digunakan dengan alasan dimana fase dan aktivitas perancangan sistem yang di rancang lebih singkat dan pengerjaan sistem relatif singkat sekitar 60-90 hari sehingga menghasilkan sistem informasi yang baik. Pemodelan sistem digambarkan dengan Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah rancangan sistem informasi sebagai media yang efektif dalam pengelolaan data, mempermudah petugas dalam melakukan pelayanan teknis pengujian mutu barang serta memberian informasi kepada masyarakat dengan cepat dan akurat.

Full Text:

PDF

References


Aswati, S., & Siagian, Y. (2016). Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (pp. 317-324). Surabaya: SESINDO.

Fadli, S. (2018). Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi Dan Penyewaan Kamar Hotel. JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) , 54-64.

Ichsan. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu Pada STMIK BUDIDARMA Medan Menerapkan Metode Profile Matching. Kursor , 5 (1), 2.

Kendall, J., & Kendall, K. (2010). Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Indeks.

Kosasi, S. (2015). Penerapan Rapid Application Development Dalam Sistem Perniagaan Elektronik Furniture. Citec Journal, Vol. 2 No. 4 , 265-276.

Kosasi, S., & Yuliani, I. D. (2015). Penerapan Rapid Application Development Pada Sistem Penjualan Sepeda Online. Jurnal SIMETRIS , 27-36.

Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Shelly, G., & Harry, J. (2012). System Analysis and Design, Ninth Edition. Boston: Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7288

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License