Biaya Promosi dan Biaya Dana Berpengaruh terhadap Dana Pihak Ketiga Bank Permata Jakarta
Abstract
ABSTRAK
Promosi adalah merupakan media komunikasi yang digunakan oleh perusahaan kepada masyarakat. Bentuk promosi antara lain iklan di media cetak maupun digital, sponsorship dalam suatu acara, pemberian hadiah maupun diskon dan masih banyak lagi. Tidak ada batasan pasti untuk besaran biaya promosi dan juga tidak ada ukuran pasti untuk menilai keberhasilan promosi. Demikian pula tidak ada standart besarnya biaya promosi yang bisa dijadikan perbandingan saat menentukan besarnya biaya promosi yang harus dikeluarkan. Penulis berusaha mengukur keberhasilan promosi dengan mencari pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan. Bank Permata melakukan promosi dengan tujuan dapat mengajak masyarakat untuk menyimpan dananya pada Bank Permata, yang selanjutnya dana tersebut dapat disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. Karena menghimpun dana dari masyarakat atau lebih dikenal dengan Dana Pihak Ketiga membuat Bank Permata harus membayar Biaya Dana. Hasil penelitian ini menunjukan Biaya Promosi berpengaruh signifikan negatif, sementara Biaya Dana berpengaruh signifikan positif terhadap Dana Pihak Ketiga. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan bulanan Bank Permata yang dipublikasikan melalui halaman web resmi perusahaan. Metode analisa yang dipergunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Kata kunci: Biaya Promosi, Biaya Dana, Dana Pihak Ketiga, Bank Permata
Full Text:
PDFReferences
Budisantoso, T. (2011). Bank dan Lembaga Kuangan lainnya. Jakarta: Salemba Empat.
Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Fachrunnisa. (2017). Biaya Promosi dan Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 349–368.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2009). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 (Ed.Ke-7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hansen, D. R., & Maryanne, M. M. (2004). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Hasibuan. (2005). Dasar dasar perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.
indrawan, H. ., & Nainggolan. (2019). Biaya Bunga, Biaya Promosi, Dan Biaya Gaji Karyawan Berpengaruh Terhadap Pendapatan Bunga.
Kasmir. (2008). Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kuncoro, M. (2002). Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Rosida, E., & Muflihah, R. (2009). Pengaruh Biaya Dana Bank dan Penyaluran Kredit Terhadap Rentabilitas. Jurnal Akuntansi, 4(3).
Saladin, D. (2003). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya 77.
Siamat, D. (1993). Manajemen Bank Umum. Jakarta: Intermedia.
Sinungan, M. (2000). Manajemen Dana Bank. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v17i2.6326
Copyright (c) 2019 Jurnal Perspektif
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License