PENERAPAN JUST IN TIME PADA PERANCANGAN MODEL PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN SISTEM TARIK (PULL SYSTEM) BERBASIS TAKT TIME (Studi kasus di PT YMMA)

bayu wirawan saputro

Abstract


Sistem Produksi Toyota, dikembangkan dan dipromosikan oleh Toyota Motor Corporation dan telah dipakai oleh banyak perusahaan Jepang sebagai akibat krisis minyak di tahun 1973. Tujuan utama sistem produksi Toyota adalah pengurangan biaya atau perbaikan produktivitas dengan menghilangkan pemborosan.

Just in Time (JIT) adalah suatu sistem manufaktur yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses-proses dan prosedur dengan mengurangi (menghilangkan) pemborosan-pemborosan atau dengan kata lain JIT adalah sistem atau ide untuk memproduksi dan membawa barang atau produk yang dibutuhkan pada saat dibutuhkan dan sejumlah yang dibutuhkan saja.

Tujuan sistem produksi Just In Time (JIT) adalah untuk menghindari terjadinya kelebihan kuantitas/jumlah dalam produksi (overproduction), persediaan yang berlebihan (excess Inventory) dan juga pemborosan dalam waktu penungguan (waiting). Dengan adanya sistem JIT, kita telah dapat mengatasi 3 pemborosan (overproduction, excess inventory dan waiting) diantara 7 pemborosan (7 Waste) yang harus dihindari dalam sistem produksi Toyota.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model penjadwalan produksi tepat waktu yang dapat memperhitungkan kapasitas kebutuhan operator,  perataan volume produksi dan pengaturan urutan tipe barang yang akan diproduksi dengan menggunakan konsep takt time.

 

Model penjadwalan produksi dengan konsep takt time dengan menggunakan metode Shortest Processing Time (SPT), dan Longest Processing Time (LPT) akan menghasilkan waktu makepan yang sama sesuai dengan waktu kerja yang telah ditentukan.

 

Kata kunci : Penjadwalan produksi, Takt time, JIT, Pull system


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3040

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License