Buy Now or Later: Dampak Hedonic Consumption Terhadap Impulsive Buying Melalui Mediasi Positive Emotion di UMKM Aveile.Co

Jean Ardhia Pramesti Rahayu, Ajat Sudrajat

Abstract


Di era digital seperti sekarang ini, UMKM sudah semakin berkembang luas diberbagai daerah yang terdapat berbagai jenis sektor didalamnya. Hal tersebut memicu preferensi konsumen berubah seiring berjalannya waktu, terutama pada generasi z yang cenderung memiliki karakteristik dalam membeli sesuatu secara impulsif, yaitu pembelian produk tanpa perencanaan matang yang didorong oleh emosi positif maupun negatif. Terkadang generasi z berbelanja hanya untuk kesenangan semata yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah konsumsi hedonik. Penelitian ini dilakukan untuk memahami dampak hedonic consumption terhadap impulsive buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening karena pengaruh langsung variabel ini masih belum jelas dan memerlukan pemahaman lebih mendalam, terlebih lagi jika melalui emosi positif. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada generasi z dengan menggunakan sampling purposive sehingga menghasilkan 100 responden. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (path pnalysis) menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive emotion dapat memediasi pengaruh hedonic consumption terhadap impulsive buying secara signifikan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi UMKM Aveile.Co dalam pelaksanaan bisnisnya maupun bagi para pembaca

Full Text:

PDF

References


Alifatuzzahra, A. D., & Rimiyati, H. (2022). Proceedings The 3 rd UMY Grace 2022 (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference) Business Management and Accounting_Volume 2 Issue 1 (2022) Fashion. 2, 207–2017. https://doi.org/10.18196/umygrace.v2i1.449

Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair. 3, 10–18.

APJII. (2024, February 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Cindy Mutia Annur. (2024, January). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Databooks.Katadata.Co.Id.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Gusti, I., Imbayani, A., Nyoman, N., & Novarini, A. (2018). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR. 3(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen

Hidayah, N., Indah, D., & Ningsih, U. (2023). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN SHOPEE (Vol. 2, Issue 2).

Indy, P., Putri, W., Gusti, I., Ketut, A., Andani, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). E-JURNAL EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA PERAN POSITIVE EMOTION MEMEDIASI PENGARUH SALES PROMOTION DAN HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP IMPULSE BUYING Koresponding. E-JURNAL EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA, 12, 15–31. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/index

Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (2023, June 21). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia - DJPb. Https://Djpb.Kemenkeu.Go.Id/Kppn/Lubuksikaping/Id/Data-Publikasi/Artikel/3134-Kontribusi-Umkm-Dalam-Perekonomian-Indonesia.Html.

Mawardi, Akbar, A., Rukmini, P., & Wahyuni, R. N. (2023). Pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening. In Online) KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen (Vol. 20, Issue 4).

Mazidah, I., Zainul, P., Fakultas, A. S., & Administrasi, I. (2017). PENGARUH HEDONIC CONSUMPTION DAN MEDIATOR EMOSI POSITIF TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Survei Pada Pembeli Produk Fashion Di Malang Town Square Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 43, Issue 2).

Novia, O. :, Politeknik, H., & Bandung, N. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung. In Jurnal Bisnis dan Investasi (Vol. 2, Issue 3).

Setiawan, A. J., & Sahetapy, W. L. (2022). PENGARUH HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SALE SOCIOLLA (Vol. 10).

Venia, M., & Marzuki, F. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING (STUDI KASUS PADA GENERASI Z PENGGUNA E-COMMERCE) (Vol. 2).

Wijiyanto, A. A., Basiya, R., & Semarang, U. S. (2023). The Effect Of Hedonic Consumption, Availability Of Money And Positive Emotion On Impulsive Purchase In E-Commerce Shopee (Case Study In Semarang Communities) Pengaruh Hedonic Consumption, Availability Of Money Dan Positive Emotion Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 3). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v22i2.22203

Copyright (c) 2024 jean ardhia pramesti rahayu, Ajat Sudrajat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License