Analisis Structure Conduct Performance Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Ayu Azizah, Popon Rabia Adawia

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang tinggi sehingga hal ini dapat menjadi peluang besar bagi perusahaan di bidang telekomunikasi untuk meraih banyak pelanggan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar pada industri telekomunikasi di Indonesia, mengetahui perilaku dan kinerja dari PT Telkomunikasi Indonesia Tbk serta untuk mengetahui pengaruh dari struktur pasar terhadap kinerja perusahaan. Untuk mengetahui struktur pasar dalam industri ini digunakan konsentrasi rasio empat perusahaan terbesar (CR4), dan minimum eficiency scale (MES). Perilaku dijelaskan secara deskriptif pada strategi harga, strategi produk, dan strategi promosi. Terakhir, kinerja dilihat pada tingkat kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa industri telekomunikasi di Indonesia memiliki struktur oligopoli ketat sebesar 95,88%. Dari hasil perhitunan regresi diperoleh hasil bahwa variabel struktur pasar (CR4 ) dan tingkat pertumbuhan (growth) baik secara simultan maupun parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusaan (ROA).


Full Text:

PDF

References


Atmaja, Lukas Setia. (2008). Teori & Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Badan Pusat Statistik. (2011-2013). Komunikasi. Jakarta: www.bps.go.id.

Bursa Efek Jakarta. (2010-2014). Laporan Tahunan. Jakarta: www.idx.co.id.

Burhan, M. Umar, dkk. (2011). Analisis Ekonomi Terhadap Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar Pupuk di Jawa Timur (Kasus di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Ngawi). Journal of Indonesian Applied Economics Vol. 5, No. 1. PP : 68-92.

Firdaus A., Mochamad dan Budisantoso. Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Transportasi Udara Komersial Melalui Pendekatan SCP

Lubis, Adrian dan Alla Asmara. (2012). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Perusahaan Elektronik Setelah Pelaksanaan Liberalisasi AFCTA.

Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Vol. 6 No. 2, Desember 2012.

Mahesa, Biondi. (2010). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Minuman Di Indonesia Periode 2006 - 2009. Media Ekonomi Vol. 18, No. 3, Desember 2010.

Marsden, Willyo. (2014). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Semen di Indonesia. Malang: Universitas Brawijaya.

Puspasari, Citra. (2006). Analisis Struktur-Perilaku-Kinerja Industri Mi Instan di Indonesia. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sartono, R. Agus. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi ke- 4. Yogyakarta : BPFE.

Suntoyo, Danang (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: MedPress.

Suryawati,. (2009). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Tekstil dan Pakaian Jadi di Provinsi DIY. Yogyakarta: STIE YKPN.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v15i1.1577

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License