FORECASTING PENJUALAN RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT PADA PT.RUMAKITA PRIMA KARSA

Ratningsih - Ratningsih

Abstract


Dalam penjualan rumah pada PT. Rumakita Prima Karsa sering terjadi fluktuasi penjualan yang di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, dimana faktor yang sangat dominan karena dipengaruhi oleh kegiatan dalam pemasarannya maupun karena faktor pesaing, sehingga  menyebabkan perusahaan khususnya PT. Rumakita Prima Karsa tidak bisa meramalkan penjualan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis  hasil ramalan penjualan rumah dengan menggunakan metode trend moment untuk membuat ramalan atau target penjualan rumah di masa yang akan datang serta untuk mengatasi kerugian dan meningkatkan penjualan rumahnya serta agar target penjualan rumah dapat tercapai.  Hasil akhir dari peramalan penjualan rumah pada PT. Rumakita Prima Karsa dengan menggunakan metode trend moment pada bulan maret 2017 cenderung meningkat atau mengalami trend positif dibandingkan dengan penjualan rumah pada dua tahun sebelumnya.

 

Kata Kunci : Penjualan rumah, Peramalan Penjualan, Trend Moment

 

In Saling home at PT. Rumakita Prima Karsa frequent get fluctuations in saling which are influenced by internal and external factors, where a very dominant factor because it is affected by activities in marketing as well as due to a competitor, therefore the particular company PT. Rumakita Prima Karsa could not forecast sales in the future. This research aims to identify and analyze the results of the sales forecast home using the moment to make a prediction trend or target of home sales in the future as well as to cope with lossing and increasing home sales and home sales for the target can be achieved. The last result of forecasting home sales at PT. Rumakita Prima Karsa using moment trend in March 2017 is likely to increase or experiencing a positive trend compared to home sales in the previous two years.

 

Keywords: home sales, Sales Forecasting, Trend Moment


Full Text:

PDF

References


Arnold, J. R., & Chapman, N. S. 2004. Introduction to Material Management. New Jersey : Prentice-Hall Inc.

Chairul Marom, (2002), Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang, Edisi ke-dua, Penerbit Grasindo, Jakarta

Fiati, R, 2009. Sistem pendukung keputusan peramalan penjualan barang, Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Frick, Heinz, dan Widmer, Perta. 2006. Membangun, Membentuk,Menghuni . Yogyakarta : Kanisius

Gaspersz, V, 2005. Productioning Planning and Inventory Control bedasarkan pendekatan sistem terintegrasi MRP II dan JIT menuju manufakturing, 21. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moekjiat, 2000. Kamus Manajemen. Bandung : Penerbit CV. Mandar Maju

Murahartawaty. 2009. Peramalan. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom

Nafarin, M, 2007. Penganggaran Perusahaan, Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat

Pinem, E.M. 2012, Metode eksponensial smoothing untuk peramalan jumlah air minum yang disalurkan PDAM tirtanadi Medan tahun2014. (Tugas Akhir). Medan : Universitas Sumatera Utara

Sastra M, Suparno.dkk. 2006. Perencanaan dan Pengembangan Perumahan. Yogyakarta: CV. Andi

Sugiarto, dan Dergibson, S. 2002. Metode Statistika untuk bisnis dan Ekonomi, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suharyadi dan Purwanto. 2009. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Salemba Empat, Jakarta

Sukanto Reksohadiprodjo, Business Forecasting, BPFE Yogyakarta, 1998.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman

Undang-Undang Republik Indonesia No.1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Pemukiman.

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta : Salemba Empat

Yudohusodo,Siswono,dkk.1991. Rumah Untuk seluruh Rakyat. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v15i1.1564

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License