Strategi Upselling Produk Minuman di Café Hotter Coffee & Cinema

Banyu Faidz Musthafa Taqwatullah, Asep Erik Nugraha

Abstract


Sektor kuliner merupakan bidang usaha yang banyak dijumpai, terlebih menyangkut kebutuhan dasar manusia. Sayang, selama pandemi berlangsung para pelaku usaha kuliner termasuk UMKM Kedai Hotter mengalami ketidakstabilan usaha. Sempat buka-tutup dan bangkit kembali dengan beberapa konsep yang berbeda. Untuk menghadapi gelombang pandemi, dibutuhkan tambahan strategi mutakhir yang harus mempertimbangkan kemampuan dan batasan kedai, tetap mengikuti perkembangan situasi dan konisi peraturan yang berlaku. Adanya catatan penjualan yang stagnan dalam periode yang cukup lama bagi Kedai Hotter, memperjelas urgensi strategi peningkatan penjualan. Strategi dilakukan dengan berbagai cara pemasaran, potongan harga, hingga upaya menigkatkan brand awareness. Namun dengan mempertimbangkan kemampuan finansial kedai, pada penelitian kali ini pengujian fokus terhadap strategi upselling menu minunman kategori paling laris. Hasilnya dari analisis perhitungan statistik regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS, kegiatan promosi berhasil mampu meningkatkan penjualan 0,343 kali lipat. Strategi upselling sendiri berpengaruh 72,6% diantara variabel atau aktivitas pemasaran lainnya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13545

Copyright (c) 2022 Banyu Faidz Musthafa Taqwatullah, Asep Erik Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License