Analisa Efektivitas Iklan PHD dengan Metode Customer Response Index

Lady Diana Warpindyastuti

Abstract


Abstrak  - Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran, namun perusahaan perlu mengetahui seberapa efektivitas iklan yang ditayangkan sehingga pesan yang ingin disampaikan perusahaan dapat diterima oleh masyarakat. PHD mengeluarkan iklan baru di televisi saat Pandemi terjadi dengan maksud untuk kegiatan promosi dan memberikan informasi ke konsumen. Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan PHD yang ditayangkan di televisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan model CRI (Customer Response Index). Perhitungan nilai CRI diperoleh dari perhitungan perkalian dimensi-dimensi CRI yaitu, kesadaran (awareness), pemahaman (comprehend), ketertarikan (interest), niat (intentions), dan tindakan (action). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan menggunakan teknik purposive sampling adalah para responden yang memiliki televisi dan sering menonton acara di televisi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa iklan PHD yang ditayangkan di televisi kurang efektif karena setelah dihitung nilai CRI dari iklan PHD ini hanya 7,5% saja. Rendahnya nilai CRI ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain, iklan PHD jarang ditayangkan di televisi, iklan PHD tidak jelas, gambar pada iklan PHD tidak menarik, model yang digunakan dalam iklan PHD kurang menarik dan masyarakat sudah setia dengan merek yang lain.

 

Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, Iklan, Model CRI.

Full Text:

PDF

References


Akmaludin. (2012). Analisa Efektivitas Komunikasi Pemasaran Produk Aqua Menggunakan Customer Response Index Melalui Kegiatan Promosi. PERSPEKTIF, X(1), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jp.v10i1.5416

Azmi, F. N., & Sarma, M. (2017). Pengaruh Iklan Televisi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Es Krim Magnum. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8(2), 119–132. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jmo.v8i2.19490

Baskoro, A. P. (2018). Gaya Eksekusi IklanDigital StudioWorkshopDepok MelaluiPoster. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–24. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/2661/2326

Best, R. J. (2012). Market-Based Management. Pearson Education.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2019). Strategi Menaklukan Pasar. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ernestivita, G. (2017). MENGUKUR EFEKTIVITAS TAGLINE IKLAN TELEVISI MINUMAN RINGAN TEH BOTOL SOSRO DENGAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2014). Jurnal Ekonika, 2(2), 112–126. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.38

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). PENGARUH SHOPPING LIFE STYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR MASYARAKAT HIGH INCOME SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/18388

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kusniadji, S. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK CONSUMER GOODS (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jk.v8i1.49

Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). BENARKAH IKLAN ONLINE EFEKTIF UNTUK DIGUNAKAN DALAM PROMOSI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/99/89

Sari, E. T. (2014). ANALISIS CONSUMER RESPONSE INDEX (CRI) PADA MEDIA IKLAN GADGETS DI KALANGAN PENGGUNA DI SURABAYA. Jurnal Orasi Bisnis, 11(1), 68–80. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/admniaga/article/view/477

Subakti, A. G., Tenironama, D., & Yuniarso, A. (2018). Analisis Persepsi Konsumen. Tourism And Hospitaly Essentials Journal, 8(1), 31–37. https://ejournal.upi.edu/index.php/thejournal/article/view/11687

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmana, L. N., Achmad, G. N., & ZA, S. Z. (2017). Pengaruh efektifitas iklan televisi. Jurnal Manajemen, 9(2), 76–84. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/2477/pdf

Wulandari, A., & Lutfiyati, N. L. (2018). Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Larissacenter Sebagai Media Beriklan Larissa Aesthetic Center Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI). Jurnal Komunikasi, 6(2), 177–182. http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL/article/view/11579/5661




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13114

Copyright (c) 2022 lady diana warpindyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License