Umpan Balik Pada Model Pembelajaran Hybrid Mata Kuliah Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19

Tio Prasetio

Abstract


Abstrak  - Penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi. Model pembelajaran hybrid yang mengkombinasikan perkuliahan tatap muka terbatas di dalam kelas dengan pembelajaran secara online menjadi kebijakan pemerintah di masa pandemi COVID-19. Keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mencapai kualitas pembelajaran yang maksimal. Umpan balik menjadi salah satu bentuk keterlibatan partisipasi mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui umpan balik pada model pembelajaran hybrid mata kuliah ekonomi di masa pandemi COVID-19 . Terdapat lima mata kuliah yang diteliti  yaitu pengantar akuntansi, aplikasi komputerisasi akuntansi, bank dan lembaga keuangan lain, aplikasi excel untuk bisnis dan akuntansi, dan pengetahuan bisnis. Metode penelitian  ini  yaitu deskriptif kualitatif dengan model pembelajaran TMT hybrid sebanyak 7 pertemuan dan pembelajaran online sebanyak 7 pertemuan dalam satu semester. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur dengan sampel berjumlah 172 responden yang  diambil menggunakan teknik purposive sampling. Umpan balik terdapat dalam fitur LMS E-learning Budi Luhur yang berisi pertanyaan mengenai tingkat pemahaman materi yang disampaikan oleh dosen pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tingkat partisipasi mahasiswa dalam memberikan respons umpan balik dengan model pembelajaran hybrid untuk lima mata kuliah bidang ekonomi di masa pandemi COVID-19 yaitu sangat tinggi. Dan untuk tingkat pemahaman materi mahasiswa dengan model pembelajaran hybrid di masa pandemi COVID-19 masuk ke dalam kategori cukup memahami dan memahami. Sehingga model pembelajaran hybrid memberikan respons umpan balik dari mahasiswa yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran online

 

Kata Kunci: Umpan Balik, Model Pembelajaran Hybrid, Pandemi COVID-19, Mata Kuliah Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Annisa Etika Aruma, E. S. (2020). Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. UNNES.

Dwiyogo. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. www.pembelajaranvisioner.com

Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1).

Gherhes, V. (2021). E-Learning vs. Face-To-Face Learning: Analyzing Students’ Preferences and Behaviors. Sustainability, 13, 1–15.

Hendrayati, H. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Statistika II di Prodi Manajemen FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 181.

Jitendra Singh, K. S., & Singh, and L. (2021). Combining the Best of Online and Face-to-Face Learning: Hybrid and Blended Learning Approach for COVID-19, Post Vaccine, & PostPandemic World. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140–171.

Kaye. (2003). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. Kogan Page Limited.

Makhin, M. (2021). Hybrid Learning: Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 3(2).

Norhasanah. (2021). Online Learning and Face-To-Face Learning: Students’ Preferences And Perceptions. TEFLA Journal, 3(2), 56–68.

Raffie Ahmad Riesman Putra, D. M. (2021). Umpan Balik Sebagai Komponen Krusial Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 10(2), 66–72.

Sonhadji, A., dan M. H. (2015). Asesmen Kebutuhan, Pengambilan Keputusan, dan Perencanaan: Mata Rantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Sumarno, S. (2020). Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKN di SMK. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 39–56.

Supriatna, U. (2021). Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IDEAS, 7(3), 57–62.

T. Ramdhani, I. G. P. Suharta, I. G. P. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 62–68.

Usep. (2021). Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Terhadap Mahasiswa di Stkip Syekh Manshur). Jurnal Al-Miskawaih, 2(2), 171–178.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12503

Copyright (c) 2022 Jurnal Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License