Refleksi Persepsi dan Preferensi Merek Terhadap Institusional Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian

Yuyun Yuniati Yuningsih, Galih Raspati, Andi Riyanto, Yuri Rahayu

Abstract


Pandemi Covid-19 sangat berperan dalam menekan tingkat penjualan ponsel pintar dari produsen ponsel pintar di seluruh dunia. Permasalahan yang terjadi secara global tersebut turut mempengaruhi persepsi dan preferensi merek terhadap institusional konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian dari produk ponsel Samsung Galaxy A12. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan lebih detail mengenai refleksi dari persepsi dan preferensi merek terhadap instusional konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian tipe  ponsel Samsung Galaxy A12 di Erafone area Sukabumi pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan hasil kuesioner dari responden dengan jumlah populasi sebanyak 162 yang diambil dari periode Juli sampai Desember 2021 dalam kondisi pandemi Covid-19 dan sampel ditetapkan dengan menggunakan pendekatan Slovin sebesar 62 responden yang merupakan konsumen  Erafone area Sukabumi. Uji statistik diterapkan dalam menganalisis data angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya refleksi dari variabel persepsi merek dan preferensi merek secara bersama-sama terhadap institusional konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Anissa, U. W. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi, Preferensi dan Sikap Masyarakat Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2522/

Ariska, F. D. (2019). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Foundation Merek Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Aryandhana, D., Bintarti, S., & Hidayatullah, R. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Syariah Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02). https://doi.org/https://doi.org/10.37366/jespb.v6i02.247

Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 143–158. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19781

Bakir, A., Gentina, E., & de Araújo Gil, L. (2020). What shapes adolescents’ attitudes toward luxury brands? The role of self-worth, self-construal, gender and national culture. Journal of Retailing and Consumer Services, 57(June), 102208. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102208

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesemen pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

BPS. (2021). Jumlah Pelanggan Telepon Indonesia menurut Jenis Penyelenggaraan Jaringan 2018-2020.

Counterpoint. (2021). Indonesia Smartphone Shipments Drop 6% YoY in Q3 2021 on COVID-19, Supply Challenges. Retrieved January 23, 2022, from https://www.counterpointresearch.com/indonesia-smartphone-shipments-q3-2021/

Cruz-Cárdenas, J., Zabelina, E., Guadalupe-Lanas, J., Palacio-Fierro, A., & Ramos-Galarza, C. (2021). COVID-19, consumer behavior, technology, and society: A literature review and bibliometric analysis. Technological Forecasting and Social Change, 173. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121179

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Fernandes, S., Venkatesh, V. G., Panda, R., & Shi, Y. (2021). Measurement of factors influencing online shopper buying decisions: A scale development and validation. Journal of Retailing and Consumer Services, 59(November 2020), 102394. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102394

Fernando, A. D., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji Fried Chicken Pada D’Besto Di Kota Padang Cabang Siteba, 1–10. https://doi.org/10.31219/osf.io/srg86

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Gil, L. A., Kwon, K. N., Good, L. K., & Johnson, L. W. (2012). Impact of self on attitudes toward luxury brands among teens. Journal of Business Research, 65(10), 1425–1433. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.008

Halim, B. C., Dharmayanti, D., & Brahmana, K. M. R. (2014). Pengaruh Brand Identity terhadap Timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention pada Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer Repurchase Intention: : A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, 37(11), 1762–1800. Retrieved from http://hdl.handle.net/10536/DRO/DU:30002018

Huang, E. M., Yatani, K., Truong, K. N., & Kientz, J. A. (2009). Understanding Mobile Phone Situated Sustainability: The Influence of Local Constraints and Practices on Transferability. IEEE Pervasive Computing, 8, 46–53. https://doi.org/10.1109/ MPRV.2009.19

ITU. (2009). Information Society Statistical Profiles. In World Telecommunication Development Conference. Africa.

Kadembo, E. M. (2016). Book: Story it! Brand it! Sell it! CreateSpace Independent Publishing Platform.

Koo, W., Knight, D. K., Yang, K., & Xiang, Z. (2012). Generation Y Consumers’ Value Perceptions toward Apparel Mobile Advertising: Functions of Modality and Culture. International Journal of Marketing Studies, 4(2), 56–66. https://doi.org/10.5539/ijms.v4n2p56

Minarti, S. N., & Segoro, W. (2014). The Influence of Customer Satisfaction, Switching Cost and Trusts in a Brand on Customer Loyalty – The Survey on Student as im3 Users in Depok, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 1015–1019. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.546

Nasution, A. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus PT. Nusantara Berlian Motor Medan). Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3).

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., … Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1. Bandung: Media Sains Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vm1XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA33&dq=populasi+dan+sampel+2021&ots=N_V8gwm3Dn&sig=xKUCXmI5PakoqeB20XJOVfeOF9k&redir_esc=y#v=onepage&q=populasi dan sampel 2021&f=false

Otok, B. W., & Ratnaningsih, D. J. (2016). Pengumpulan dan Penyajian Data. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pavlović-Höck, N. (2021). Herd Behaviour by Information Source Along The Consumer Buying Decisions. Digital Business. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.digbus.2021.100018

Piancatelli, C., Massi, M., & Vocino, A. (2021). The role of atmosphere in Italian museums: effects on brand perceptions and visitor behavioral intentions. Journal of Strategic Marketing, 29(6), 546–566. https://doi.org/10.1080/0965254X.2020.1786846

Republika. (2022). 7 Smartphone Terlaris Sepanjang 2021. Retrieved January 4, 2022, from https://republika.co.id/berita/r56jjt368/7-smartphone-terlaris-sepanjang-2021

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanskanen, P. (2013). Management and recycling of electronic waste. Acta Materialia, 61(3), 1001–1011. https://doi.org/10.1016/j.actamat.2012.11.005

TBI. (2022). Top Brand Index Smartphone 2021. Retrieved January 23, 2022, from https://www.topbrand-award.com/en/2021/01/smartphone-fase-1-2021/

Wang, Y.-H. (2015). Does Winning an Award Affect Investors’ Brand Preference and Purchase Intention? International Journal of Management and Marketing Research.

Widagdo, B. W., Handayani, M., & Suharto, D. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadsap Perilaku Peserta Didik pada Proses Pembelajaran Daring Menggunkan Metode Pengukuran Skala Likert (Studi Kasus di Kabupaten Tangerang Selatan). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 15(2), 63–70. Retrieved from http://jurnal-eresha.ac.id/index.php/esit/article/view/188




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12326

Copyright (c) 2022 Jurnal Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License