Studi Analisa Orientasi Kerja Dengan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada PT Jakarta Central Asia Steel

Lukman Hakim, Sabil Sabil, Amin Setio Lestiningsih, Dwiyatmoko Puji Widodo

Abstract


Peningkatan produktivitas  kerja merupakan masalah klasik yang sering dihadapi oleh perusahaan. Banyak faktor yang berperan dalam meningkatkan produktivitas kerja antara lain orientasi kerja dan budaya kerja yang ada di perusahaan tersebut sehingga perlu menambah jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengisi bagian-bagian yang masih membutuhkan tenaga kerja untuk meningkatkan produksi yang ditargetkan. Dengan bertambahnya jumlah tenaga kerja maka diperlukan suatu cara untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kerja baru salah satunya dengan melaksanakan orientasi kerja di tempat kerja agar para karyawan baru dapat beradaptasi dengan proses kerja masing-masing bagian. Selain orientasi kerja, diperlukan penyesuaian budaya kerja yang ada di dalam perusahaan yang telah dibentuk oleh lingkungan kerja dan organisasi yang melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan penelitian menggunakan sampling yang dilakukan di PT Jakarta Central Asia Steel dengan jumlah populasi 520 karyawan di area kerja produksi dengan sebaran sampel sebanyak 226 dengan cara mengisi kuesioner yang berisi beberapa komponen pertanyaan yang dapat mewakili setiap variabel dalam melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian membuktikan kalau arah kegiatan serta budaya kerja dengan cara bersama- sama mempunyai ikatan yang kuat dengan produktivitas kerja karyawan PT Jakarta Central Asia Steel di Jakarta, maksudnya produktivitas kerja semakin meningkat jika orientasi kerja dan budaya kerja yang diciptakan menyenangkan bagi karyawan.

Full Text:

PDF

References


Gozali, Luli Achmad, Yusniar Lubis dan Syaifuddin Syaifuddin. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Kebun Huta Padang PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) Kabupaten Asahan Sumatera Utara. AGRISAINS: Jurnal Ilmiah Magister Agribisnis 2(2): 167–80.

Juliningrum, Emmy, dan Achmad Sudiro. 2013. Pengaruh Kompensasi, Budaya Organisasi, Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 11, No 4 Desember 2013.

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Jakarta: PT Grasindo.

Harsanto, Budi. 2017. Dasar Ilmu Manajemen Operasi. ed. Sona Sonjaya. Bandung: UNPAD PRESS.

Hasibuan, Jasman Saripuddin. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisai Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Vol 3. No.2 Link: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1360/pdf_202.

H.M, Muhammad Anwar. 2017. Pengantar Kewirausahaan Teori Dan Aplikasi. Cetakan Ke. ed. Y. Rendy. Jakarta: Kencana.

Muhdar. 2020. Manajemen SDM: Teori Dan Aplikasi Pada Bank Umum Syariah - Rajawali Pers. Cetakan Ke. ed. Hidayati. Depok Jawa Barat: Raja Grafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id.

Pramono, Tommi Setyo. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Vol Issue 6 Juli 2020 E-ISSN : 2686-4924, P-ISSN : 2686-524

Ratnasari, Sri langgeng dan Mutia Septiani. 2020. Pengaruh Kepribadian, Orientasi Kerja, Dan Penempatan Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Global Business and Management Review Vol 2 No 1 Juli 2020 http://dx.doi.org/10.37253/jgbmr.v2i1.789

Sudarmanto, Eko, Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, Erika Revida, Rolyana Ferinia, Marisi Butarbutar, Leon A Abdilah, Andriasan Sudarso, Bonaraja Purba, Sukarman Purba, Ika Yuniwati, A Nururrochman Hidayatulloh, Irawati HM, Nurmadhani Fitri Suyuthi. 2021. Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Cetakan 1. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Sudanang, Ertanta Ari, dan Sabda Elisa Priyanto. 2020. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Horison Apartemen Dan Kondotel Yogyakarta. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah Vol 1 No 14 Januari 2020 ISSN: 2716-2664.

Sutrisno, Edy. 2019. Budaya Organisasi. Pertama. Jakarta: Prenada Media.

Sudaryo, Yoyo Agus Aribowo dan Nunung Ayu Sofiati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung Dan Lingkungan Kerja Fisik. ed. Theodoros Erang. Yogyakarta: Andi

Wijoyo, Hadion. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pengantar. Pertama. ed. Musnaini dan Hadion Wijoyo. Sumatera Barat-Indonesia 27361: Insan Cendikia Mandiri. www.insancendikiamandiri.co.id.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.11926

Copyright (c) 2022 Jurnal Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License