Pengaruh Pendapatan, Social Influence, dan Kondisi Ekonomi Makro Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce

Tubagus Mahendra Kusuma, I Ketut Putu Suniantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan, social influence, dan persepsi akan kondisi ekonomi makro terhadap keputusan pembelian pada e-commerce yang dilakukan oleh konsumen melalui penyebaran kuesioner secara daring. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah berkeluarga atau berumah tangga dengan kriteria usia maksimal 35 tahun yang melakukan pembelian barang melalui e-commerce kemudian diambil sampel sebanyak 80 orang yang diperoleh dengan prosedur purposive sampling. Sumber data primer merupakan hasil pengisian kuisioner yang berjumlah 80 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Simpulan dari hasil analisis adalah Secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan pendapatan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan variabel social influence dan variabel ekonomi makro terhadap keputusan pembelian. Secara simultan dengan nilai Fhitung (15,632) > Ftabel(3,12) dengan sig. 0,000 variabel pendapatan, social influence, dan ekonomi makro secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui e-commerce.

Full Text:

PDF

References


Andriani. (2021). Konsumsi Rumah Tangga & Investasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi 2021. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210216/9/1357165/konsumsi-rumah-tangga-investasi-kunci-pertumbuhan-ekonomi-2021

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun, 6(2), 1–13.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS edisi III. In Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kotler, Philip, Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. Erlangga.

Muzdalifah, L., & Ilmiah, H. (2020). Pengaruh Testimoni Dan Daya Tarik Instagram Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Lsinta Muslim Wedding ). Greenomika, 2(2), 105–113.

Oktavianti, H. (2017). Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Dan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Makro Ekonomi Kabupaten Bangkalan. Media Trend, 12(1). https://doi.org/10.21107/mediatrend.v12i1.2728

Portillo, M., & Fernández-Baena, J. (2020). Social self-perception in adolescents: Accuracy and bias in their perceptions of acceptance/rejection. Psicologia Educativa, 26(1), 1–6. https://doi.org/10.5093/PSED2019A12

Ramdhani, A. (2011). Penilaian Kinerja. PT Sarana Panca Karya Nusa.

Saputra, I. A. G., Soewarno, N., & Isnalita. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian Generasi Z pada kegiatan bisnis berbasis E-commerce. Journal of Research and Application: Accounting and Management, 4(1). https://doi.org/10.18382/jraam.v4i1.003

Sari, M., Adiwibowo, L., & Huriyati, R. (2015). Analisa Perilaku Pengguna Teknologi Informasi pada Perguruan Tinggi Berstatus BHMN. 1–21.

Solomon, M. R. (2011). Consumer behavior : buying, having, and being (Ninth ed.). Pearson Prentice Hall. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=718841

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.11767

Copyright (c) 2022 Jurnal Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License