Perkembangan dan Dampak Program Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Pada Masa Pandemi Covid-19

Elpa Hermawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan dampak dari program bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro di masa pandemi Covid-19. Program ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menghadapi dampak dari kondisi pandemi terhadap perputaran ekonomi masyarakat. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif melalui metode evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumen kebijakan program BPUM. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap aspek CIPP telah diterapkan sesuai prosedur dan pemerintah juga melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait. Program BPUM telah memiliki dampak yang besar terhadap pertahanan usaha bagi para pelaku usaha mikro. Program bantuan ini yang dimulai pada tahun 2020 sebagai salah satu bentuk pertahanan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 telah dikembangkan dengan sangat baik sesuai kebutuhan pelaku usaha. Program ini juga tetap dilakukan pada tahun 2021. Artinya bahwa perkembangan program bantuan modal kepada pelaku usaha telah berhasil dan memberikan dampak pada para pelaku usaha dalam mempertahankan usaha mereka. Aspek konteks menunjukkan bahwa segala persiapan dalam meluncurkan program ini dilakukan dengan matang sehingga berdampak pada keberhasilan pengguna program BPUM. Aspek Input dirancang sesuai payung hukum resmi yang disesuaikan dengan peraturan yang telah dibuat pemerintah sehingga berdampak pada tata cara penyaluran bantuan yang benar. Aspek proses dilakukan mulai dari kegiatan sosialisasi sampai distribusi bantuan BPUM kepada para pelaku usaha secara procedural sehingga berdampak pada keberhasilan menyasar pelaku usaha yang membutuhkan bantuan modal. Pada aspek produk diketahui bahwa BPUM memberikan dampak yang cukup baik terhadap kondisi pemulihan bisnis pelaku usaha mikro.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2020. https://www.bps.go.id/website/materi_ind/%0AmateriBrsInd-20200805114633.pdf.

Darma, I. K. (2019). The effectiveness of teaching program of CIPP evaluation model. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 5(3), 1–13. https://doi.org/10.21744/irjeis.v5n3.619

Harimba, H., Rachman, Widianto, B., & Hadi, S. (2021). Tim Pemantauan Bersama Program Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Hasan, A., Yasin, S. N. T. M., & Yunus, M. F. M. (2015). A Conceptual Framework for Mechatronics Curriculum Using Stufflebeam CIPP Evaluation Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 844–849. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.06.324

Khlystova, O., Kalyuzhnova, Y., & Belitski, M. (2022). The impact of the COVID-19 pandemic on the creative industries: A literature review and future research agenda. Journal of Business Research, 139, 1192–1210. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2021.09.062

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery, 78, 185–193. https://doi.org/10.1016/J.IJSU.2020.04.018

Nundy, S., Ghosh, A., Mesloub, A., Albaqawy, G. A., & Alnaim, M. M. (2021). Impact of COVID-19 pandemic on socio-economic, energy-environment and transport sector globally and sustainable development goal (SDG). Journal of Cleaner Production, 312, 127705. https://doi.org/10.1016/J.JCLEPRO.2021.127705

Ruhe, V., & Zumbo, B. D. (2009). Evaluation in Distance Education and E-learning: The Unfolding Model. Guilford Press. https://doi.org/10.1080/00220620.2010.516907

Shinozaki, S., & Vandenberg, P. (2020). Impact of COVID-19 on Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises in Developing Asia: Evidence from the Rapid Surveys. ADB.

Sigala, M. (2020). Tourism and COVID-19: Impacts and implications for advancing and resetting industry and research. Journal of Business Research, 117, 312–321. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2020.06.015

Soehardi, S., Permatasari, D. A., & Sihite, J. (2020). Pengaruh Pandemik Covid-19 Terhadap Pendapatan Tempat Wisata dan Kinerja Karyawan Pariwisata di Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31599/JKI.V1I1.216

Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP Model for Evaluation. In International Handbook of Educational Evaluation (pp. 31–62). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-010-0309-4_4

Suryobroto, A. S., Hastuti, T. A., & Jatmika, H. M. (2018). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) to Evaluate Elementary School Teacher-Learner Program of Physical Education in Yogyakarta City. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 278.

TNP2K. (2021). Mempertahankan Usaha Mikro pada Masa Pandemi Covid- 19. TIM NASIONAL PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN.

Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 2(July).

Warju, W. (2016). Educational Program Evaluation using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education, 12(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502

Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.11744

Copyright (c) 2022 Jurnal Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License