Evaluasi Model Kirkpatrick Pelatihan Persiapan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi pada Pusdiklat SDM

Khalimi Khalimi, Pardomuan Robinson Sihombing

Abstract


Abstrak – Korupsi dapat diartikan sebagai perbuatan yang dilakukan dengan maksud memberikan beberapa keuntungan yang bertentangan dengan tugas dan hak orang lain. Korupsi termasuk kejahatan yang luar biasa, sangat merugikan baik bagi institusi maupun bagi bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pelatihan persiapan sertifikasi penyuluh antikorupsi pada level 3 dan level 4. Adapun sampel dalam penelitian ini dilakukan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan. Pengumpulan data yang digunakan melalui metode wawancara dan pengumpulan angket kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensia. Analisis inferensia menggunakan uji dua beda sampel berpasangan. Hasil yang didapat pelaksanaan pelatihan persiapan sertifikasi penyuluh antikorupsi memberikan perubahan perilaku peserta di tempat kerja. Hal ini dinyatakan dalam hasil survey ditunjukkan dengan hasil rata-rata setelah pelatihan meningkatkan dari sebelum pelatihan. Hal ini diperkuat dengan hasil uji beda baik untuk level 3 maupun level 4 yang signifikan. Dari hasil wawancara diperoleh bahwa alumni dalam tugasnya sehari-hari di kantor juga telah menerapkan nilai-nilai dasar antikorupsi. Perilaku ini dapat menguatkan posisi alumni yang baik.

 

Kata Kunci : antikorupsi, pelatihan dan penyuluhan, uji beda


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. . Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. . Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada .

Atmodiwirio, S. (2005). Manajemen Pelatihan. Jakarta: PT.Arda dizya Jaya.

Azwar. (2019). Implementasi Evaluasi Pascapembelajaran Model Kirkpatrick Lecel 1,2 dan 3 pada Pelatihan Bendahara Pengeluaran di Balai Diklat Keuangan Makassar. Jogjakarta: Wiyata Dharma. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Cresswell, J. W. (2010). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Detty, R. (2009). Evaluasi efektivitas program pelatihan “Know Your Customer and Money Laundering” di Bank XYZ Bandung. Journal of Management and Bisnis Review, 20-34.

Kemenpan RB. (2018). Laporan Kinerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jakarta: Kemenpan RB.

Kementerian Keuangan. (2018). Laporan Kinerja Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Jakarta: Kementerian Keuangan.

Kirkpatrick, D. L. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels (3rd edition). San Francisco, CA: Berrett-Koehler.

KPK. (2017). Laporan Ilmiah. Survey Penilaian Integritas. Jakarta: KPK.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi Ke Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Wexley, K., & Latham, G. P. (1991). Developing and Training Human Resources in Organization: Second Edition. New York: Harper Collins Publisher.

Widoyoko, S. E. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11422

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License