Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Untuk Meningkatkan Efisiensi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada CV Syahdika

Ratningsih Ratningsih

Abstract


Abstrak  - CV Syahdika merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur yang memproduksi  baju koko, dalam proses produksinya sangat berkaitan dengan persediaan bahan baku, CV Syahdika belum optimal dalam mengendalikan tingkat persediaan bahan bakunya karena kebijakan perusahaan masih menggunakan data data histori masa lalu, sehingga memerlukan suatu metode yang dapat mengoptimalkan pembelian bahan baku dan meminimalkan  biaya persediannya, metode yang tepat dalam memecahkan masalah ini yaitu menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku CV Syahdika dengan membandingkan kebijakan pengelolaan persediaan yang berlaku sekarang di perusahaan dan menggunakan metode EOQ. Hasil dari penelitian ini bahwa pengendalian persediaan lebih efisien menggunakan metode EOQ, terbukti dapat melakukan penghematan dari faktor biaya yang harus dikeluarkan, dapat dilihat jumlah rata rata pembelian bahan baku sebanyak 3.550 yard setiap kali pesan dengan jumlah pemesanan 12 kali dalam setahun dan biaya persediannya sebesar RP. 8.408.333,345,- Sedangkan bila menggunakan metode EOQ jumlah pembeliannya sebanyak 15. 713,24 yard dengan jumlah pemesanan 3 kali dalam setahun dan biaya persediannya sebesar RP. 3.614.784,84,-  Berdasarkan metode EOQ perusahaan harus mengadakan safety stock sebesar 1.498 yard dan Re Order Point sebesar 1.420 yard untuk  mengantisipasi keterlambatan bahan baku dan supaya bahan baku sesuai dengan lead time

 

Kata kunci: bahan baku, biaya pemesanan, biaya penyimpanan, metode EOQ, persediaan


Full Text:

PDF

References


Abdul H, Albasit Q. 2019. PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI PRODUK SOFA PADA IKM NONI MEUBEL DI BANJARSARI DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING Oleh : Husam Abdul Qodir Albasit. 6: 51–66.

Batennia K, Suhardi B, Setya F, Hastuti P. 2019. PERENCANAAN PRODUKSI PADA SEKSI PAINTING PLASTIC DI PT . ABC. In: Seminar dan Konferensi Nasional IDEC. Surakarta, p 2–3.

Nanda FS. 2015. PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN. 2: 1–11.

Palupi PM, Korawijayanti L, Handoyono R, Semarang PN. 2018. Penerapan Metode Economic Order Quantity ( EOQ ) Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku ( Studi Kasus pada PT Nusamulti Centralestari ). 1: 426–435.

Sejati M, Singaraja DI, Farhana CD, Putu G, Jana A, Suwendra I. 2016. PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT AMBARA. 4: 1–10.

Simbar1 M, Katiandagho2 TM, Lolowang2 TF, Baroleh2 J. 2014. Jurnal Ilmiah, oktober 2014.

Umami DM, Rakhmawati R, Teknologi J, Pertanian I, Pertanian F, Madura UT, Raya J, Bangkalan T. 2018. ANALISIS EFISIENSI BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE EOQ ( ECONOMIC ORDER QUANTITY ) PADA PT. XYZ Analysis of Cost Efficiency on Inventory System Using EOQ (Economic Order Quantity) Method in The PT. XYZ. 12.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11342

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License