Peran Media Penjualan Terhadap Pendapatan E-Commerce Pada Usaha Mikro

Tri Lestari, Dedi Damhudi

Abstract


Abstrak  - Kemudahan dan rendahnya biaya dalam penggunaan internet saat ini telah menggeser cara manusia melakukan transaksi. Pergeseran dalam bertransaksi tersebut tidak hanya pada cara pembayaran, tetapi juga pada cara pembelian yang kini banyak dilakukan dengan menggunakan sistem online. Makalah ini membahas bagaimana beberapa media penjualan online mempengaruhi pendapatan e-commerce terbatas pada usaha mikro yang berpenghasilan kurang dari Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta Rupiah) per tahun. Media penjualan online yang digunakan sebagai variabel independen adalah website, marketplace/digital platform, media sosial, dan pesan singkat. Menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik di Indonesia, makalah ini mengkaji dan menganalisis data dengan metode penelitian kuantitaif dan menggunakan regresi berganda sebagai uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website, marketplace/digital platform, media sosial, dan pesan singkat sebagai variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan e-commerce usaha mikro secara paralel. Berbeda dengan variabel website, marketplace/digital platform, dan variabel pesan singkat yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap pendapatan e-commerce usaha mikro, variabel media sosial tidak memiliki pengaruh secara parsial.

 

Kata kunci : media penjualan, pendapatan e-commerce, usaha mikro


Full Text:

PDF

References


Agung, Di. T. (2020) Metodologi Penelitian Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. 1st edn. Edited by Giovanni. Yogyakarta: Andi.

Akhmad, S. (2014) ‘REDEFINISI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) “4P” KE “4C”’, Journal of Applied Business and Economics, 1, pp. 17–23. Available at: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/viewFile/1360/1084.

Akram, W. and Kumar, R. (2017) ‘A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society’, International Journal of COmputer Sciences and Engineering, 5(10), pp. 347–354. Available at: https://www.researchgate.net/publication/323903323_A_Study_on_Positive_and_Negative_Effects_of_Social_Media_on_Society.

Ayuni, Q., Cangara, H. and Arianto (2019) ‘PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK KULINER KEMASAN’, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 23 No. 2, pp. 129–141. Available at: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/2382.

Eko, S., Mariani, S. and Sugiman (2017) ‘Perbandingan Metode Partial Least Sqaure (PLS) Dan Principal Component Regression (PCR) Untuk Mengatasi Multikolinearitas Pada Model Regresi Linear Berganda’, UNNES Journal of Mathematics, 6(2), pp. 117–128. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/11819.

Grieger, M. (2003) ‘Electronic marketplaces: A literature review and a call for supply chain management research’, European Journal of Operational Research, pp. 280–294. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/208724007.pdf.

Hari, Moch Purwidiantoro, S.W., D. F. K. and Hadi, W. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)’, Jurnal EKA CIDA, 1(1), pp. 30–39. Available at: https://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/viewFile/19/11.

Lind, A. D., Marchal, W. G. and Wathen, S. A. (2014) Teknik-Teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi. 15 Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Luthfi, A. K. et al. (2021) Statistik E-Commerce 2020. Available at: https://www.bps.go.id/publication/2020/12/24/2548417ddc6dab8247553124/statistik-e-commerce-2020.html.

Marita, W. E. (2015) ‘Pengaruh Struktur Organisasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penerapan Business Entity Concept’, AKRUAL Jurnal Akuntansi, 7(1), pp. 18–40.

OJK (2008) Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, kecil dan Menengah, 2008.

Rustam, M. (2017) ‘INTERNET dan PENGGUNAANNYA (Survei di Kalangan Masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan)’, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21 No. 1, pp. 13–24. doi: 10.17933/jskm.2017.210102.

Ryan, T. P. (1997) Modern Regression Methods. New York: John Wiley & Sons.

Sriningsih, M., Hatidja, D. and Prang, J. D. (2018) ‘Penanganan Multikolinieritas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras Di Provinsi Sulut’, Jurnal Ilmiah Sains, 18(1). Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JIS/article/view/19396.

Sukmono, A. (2014) ‘Penggunaan Partial Least Square Regression (PLSR) untuk Mengatasi Multikolinearitas Dalam Estimasi Klorofil Daun Tanaman Padi dengan Citra Hiperspektral.’, in. Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Trimarsiah, Y. and Arafat, M. (2017) ‘ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA LEMBAGA BAHASA KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPUTER AKMI BATURAJA’, Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol.19 No., pp. 1–10. Available at:




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11295

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License