Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Perusahaan Sektor Farmasi Sebelum dan Semasa Covid (2019-2020) yang Terdaftar di BEI

Samuel Armando Sagala, Valentine Siagian

Abstract


Abstrak - Penilaian kinerja perusahaan sangat membantu manajemen dalam menilai sejauh mana yang telah dilakukan perusahaan dalam pencapaian strategi dan visi misi perusahaan. Kinerja perusahaan dapat dinilai menggunakan metode balanced scorecard dimana metode ini menggunakan empat perspektif untuk menilai kinerja perusahaan yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif internal bisnis, dan juga perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode balanced scorecard tidak hanya menilai aspek keuangannya saja tetapi juga aspek non-keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja perusahaan sebelum dan semasa terjadinya pandemi covid 19 dengan metode balanced scorecard pada perusahaan yang bergerak di sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan dan laporan tahunan enam perusahaan sub sektor farmasi tahun 2019 dan 2020. Berdasarkan pengolahan data hasil  menunjukkan bahwa dari empat perspektif yang digunakan, perspektif keuangan mengalami peningkatan karena banyaknya kebutuhan akan obat-obatan dan alat medis sehingga peluang perusahaan untuk mengoptimalkan penjualan produknya. Pada perspektif pelanggan hasil yang didapat menunjukkan peningkatan karena produk yang diproduksi dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen sehingga penghargaan yang didapat juga semakin banyak. Perspektif internal bisnis didapati penurunan pencapaian karena sulitnya perusahaan membuat produk baru dimasa pandemi covid 19 dan lebih berfokus kepada penyediaan alat kesehatan dan juga produksi vaksin. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mengalami penurunan dikarenakan sulitnya perusahaan melakukan pelatihan secara tatap muka sehingga kesulitan untuk memaksimalkan pelatihan karyawan.

 

Kata Kunci: Balanced Scorecard, Penilaian Kinerja


Full Text:

PDF

References


Christina, N. P. Y., & Sudana, I. P., 2013, “Penilaian kinerja pada PT. Adhi Karya dengan pendekatan balanced scorecard”, E-Jurnal Akuntansi.

Devani, V., 2016, “Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metoda Balanced Scorecard”, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.

Dewi, A., & Ikhwana, A., 2012, Perencanaan strategi pengembangan usaha kain tenun sutra dengan pendekatan metode balanced Scorecard, Jurnal Riset Manajemen, 10,1, 46.

Dwiyangto, A. R., 2021, Kapan Herd Immunity COVID 19 di Indonesia Dapat Terbentuk, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5490569/kapan-herd-immunity-covid-19-di-indonesia-dapat-terbentuk-ini-prediksinya.

Fauzia, Mutia., 2018, Industri Farmasi Nasional Mengalami Perlambatan Pertumbuhan bisnis, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/09/214000426/industri-farmasi-nasional-mengalami-perlambatan-pertumbuhan-bisnis.

Hamzah, H., Suyoto, S., & Mudjihartono, P., 2015, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus: Universitas Respati Yogyakarta”, In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF).

Mahsina, M., Poniwatie, A., & Cholifah, C., 2017, Analisis Penerapan Balance Scorecard, Alat Ukur Penilaian Kinerja pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Kabupaten Sidoarjo, Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship.

Nugrahayu, E. R., & Retnani, E. D., 2015, “Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan”, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA).

Oley, O. P., Kindangen, P., & Trang, I., 2017, “Analisis Pengukuran Kinerja Karyawan Indomaret Di Manado Dengan Balanced Scorecard Studi Kasus: Pada Beberapa Minimarket Indomaret Di Kota Manado”, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Putra, B. I., 2012, “Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Metode Balance Score Card BSC Di CV MCH Sidoarjo”, Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management.

Sukma, N. P., & Krisnadewi, K. A., 2013, “Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Bank Utama”, E-Jurnal Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11269

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License