Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)

Isnurrini Hidayat Susilowati

Abstract


Abstrak  - Dampak pandemi covid 19 sangat dirasakan oleh semua sektor usaha termasuk sektor fashion. Oleh karena itu dibutuhkan strategi-strategi pengembangan bisnis agar usaha sektor fashion tetap bisa bertahan. Nayla Collection adalah salah satu usaha sektor UMKM dibidang fashion muslim dikota Depok dan agar usaha bisa bertahan dan berkembang dalam masa pandemi covid 19 ini maka harus mempunyai strategi bisnis. Strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan alat bantu Business Model Canvas (BMC). Penelitian dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi untuk mengembangkan bisnis melalui Business Model Canvas (BMC), dianalisa menggunakan SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity dan Threat) . Penelitian yang dihasilkan disertai hasil dari analisa SWOT adalah strategi perbaikan dengan penambahan mitra dengan perusahaan e-commerce, pembuatan web untuk promosi produk dan bekerjasama dengan komunitas ibu-ibu muda. Mengedukasi pelanggan dalam mengkombinasikan produk yang akan dikenakan merupakan penambahan elemen value proposition. Pemilik toko fashion muslim Nayla Collection bisa menjadikan hasil penelitian tersebut sebagai pedoman dalam mengembangkan bisnisnya.

 

Kata Kunci: Analisis Bisnis, Analisis SWOT, Business Model Canvas


Full Text:

PDF

References


Annas, A., Jufri, M. T., & Jusmawati. (2021). Penerapan Business Model Canvas Pada E-Commerce Toko H5 Jayapura. Jsai : Journal Scientific And Applied Informatics, 204-220, Vol. 4 No. 2, https://doi.org/10.36085/jsai.v4i2.1671.

Aryansyah, E. J., Mirani, D., & Martina. (2020). Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah . Avoer 12, 323-329.

Bank Indonesia. (2021, July 18). Retrieved From Bank Indonesia: Http://Www.Bi.Co.Id

Candraningrat, Yurisma, D. Y., & Mujanah, S. (2021). Pengembangan Strategi Bisnis Melalui Bmc (Business Model Canvas) . Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16-24, Vol. 1 No. 1, https://ejournal.upi.edu/index.php/Tekmulogi/article/view/34295.

Ermaya, S. K., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management And Entrepreneurship Journal, 201 -218.

Ichsan. (2013, November). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu Pada Stmik Budidarma Medan Menerapkan Metode Profile Matching. Kursor, 5(1), 2. Retrieved April 14, 2016, From Http://Pelita-Informatika.Com/Berkas/Jurnal/1.%20tm%20syahru.Pdf

Kotler , P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Pt Indeks.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D . Bandung: Cv Alfabeta.

Umar, H. (2019). Strategic Management In Action. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Wardhanie, A. P., & Kumalawati, D. (2018). Analisis Business Model Canvas Pada Perpustakaan Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 124-132, Vol. 14 No. 2, https://doi.org/10.22146/bip.32247.

Widiyanti, W. (2021). Business Model Canvas Sebagai Alat Bantu Dalam Menentukan Strategi Bisnis Jasa Penyewaan Mainan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 285-296.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11183

Copyright (c) 2021 Jurnal Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License