PENGARUH LINGKUNGAN PENGENDALIAN DAN PENILAIAN RISIKO TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PSTNT BATAN BANDUNG

Muhammad Rizal Satria

Abstract


Maraknya fenomena permasalahan hukum terutama berkaitan dengan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dengan segala praktik kecurangan lainnya. Salah satu ladang terjadinya kecurangan adalah pada proses pengadaan barang dan jasa merupakan bagian yang paling sering terlibat dalam beberapa kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh lingkungan pengendalian dan penilaian risiko terhadap pencegahan kecurangan (fraud) pada PSTNT BATAN. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu lingkungan pengendalian dan penilaian risiko. Variabel dependennya adalah pencegahan kecurangan (fraud). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sumber data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada karyawan di PSTNT BATAN sebagai sampel dalam penelitian ini, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi Spearman Rank, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Lingkungan Pengendalian dan Penilaian Risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) baik secara parsial maupun secara simultan.


Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. 2017. Auditing : Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Arens, Alvin A., Randal J. Elder, and Mark S. Beasley. 2015. Auditing dan Jasa Assurance “Pendekatan Terintegrasi.” Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fajrin, Reza Faisal. 2017. “Pengaruh Pengendalian Internal, Kepuasan Kerja, Moralitas Manajemen dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Pencegahan Kecurangan (Studi Kasus PT Kereta Api Indonesia).” Skripsi. Universitas Pasundan Bandung.

Fitri, Mahardani. 2014. “Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) Studi Kasus PT X Bandung.” Skripsi. Universitas Widyatama Bandung.

Jusup, Al Haryono. 2014. AUDITING (Pengauditan Berbasis ISA). Yogyakarta: STIE YKPN.

Sa’adudin, Isep. 2018. “Pengaruh Audit Internal dan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Studi Kasus PT Cosmo Technology.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tunggal, Amin Widjaja. 2016. Pencegahan dan Pendeteksian Kecurangan. Jakarta: Harvarindo.

https://www.batan.co.id

https://kpk.co.id




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v7i2.8515

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License