Analisis Biaya Modal Terhadap Tingkat Pengembalian Investasi Pada PT. Mitra Adiprakasa, Tbk.

Intan Fitriyani, Aris Munandar

Abstract


Biaya modal merupakan faktor utama dalam kegiatan operasional perusahaan, termasuk kegiatan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh biaya modal terhadap tingkat pengembalian investasi pada PT. Mitra Adiprakasa, Tbk. Metode yang digunakan adalah berupa data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mulai dari tahun 2004 sejak listing di (BEI) sampai tahun 2018, dengan sampel penelitian sebanyak 5 tahun. Sample diambil secara purposive sampling dengan metode pengumpulan data berupa studi pustaka. Tehnik analisa data adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS 20 sebagai alat tabulasi data. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didapat dari PT. Mitra Adiprakasa, Tbk. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara biaya modal dengan tingkat pengembalian investasinya.


Full Text:

PDF

References


A. Yaniarsyah Hasan, (2013). Analisis Biaya Modal Terhadap Tingkat Pengembalian Investasi Pada PT. Harimugabe Jaya. Jurnal Ilmiah Widya, Vol.1 (1)

Ayu Nurjanah¹, Insani Mutia Athmadi², Muhammad Riski Sulaiman Siregar³, Nisi Khairani Ray, (2016). Biaya Modal (Cost Of Capital) Tugas Kelompok.

Dinda Octavia¹, Moh Amin², Dan Cholid Mawardi³, 2019). Analisis Tingkat Pengembalian Investasi Pada Equity Securities Melalui Rasio Profitabilitas, Likuiditas, Dan Hutang Pada Perusahaan Perbankan Di BEI Periode 2015-2017, Vol. 8 (2).

Fahmy Fadillah Romdhon, (2013). Pengaruh Tingkat Pengembalian Investasi dan Tingkat Pengembalian Modal Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Lq45 Yang Listing Di BEI.

Jan Horas Veryadi Purba, (2015). Pengaruh Struktur Modal Dan Tingkat Pengembalian Modal Terhadap Nilai Perusahaan Restu Damarika Utami.

Nurhuda, (2017). Analisis Struktur Modal Yang Optimum Pada Pt. Bekasi Asri Pemula, Tbk. Skripsi Mahasiswa STIE Bima

Rizki Zulhilmi Wangsa Winangun¹, Darminto², Nila Firdausi Nuzula³, (2014). Penetapan Sturktur Modal Yang Optimal Dalam Upaya Meningkatkan Nilai Perusahaan Pada PT. Astra Internasional, Tbk Dan Anak Perusahaan Tahun 2008-2012, Vol. 9 (2).

Selma Ardiany Rahma¹, Darminto², Topowijono³, (2014). Analisis Penetapan Struktur Modal Yang Optimal Guna Meningkatkan Nilai Perusahaan Pada Pt. Seemount Garden Sejahtera, Jiwan, Kabupaten Madiun Periode 2011-2013, Vol 13 (1).

Staf Portal Investasi.com. Biaya Modal (Cost Of Capital)

Ulfa Qur’aini (2017) Analisis Cost Of Capital Pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Skripsi Mahasiswa STIE Bima.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v7i2.7966

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License