Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Capital Intensity, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak

Hafidhia Ihsan, Azolla Degita Azis, Desmy Riani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, capital intensity, dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan Cash Effective Tax Rate (CETR). Metode ini digunakan untuk mengukur agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2020. Sampel yang terkumpul yaitu sebesar 270 sampel data setelah dilakukan metode purposive sampling untuk pemilihan sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda melalui program aplikasi IBM SPSS 25 dengan tingkat signifikansi yaitu sebesar 5%.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agresivitas pajak memiliki nilai konstanta yaitu sebesar -6,889. Hal ini mengindikasikan bahwa jika terdapat variabel lain yang diasumsikan tetap, maka akan terjadi penurunan pada nilai Cash ETR sebesar 6,889.           Nilai koefisien profitabilitas yaitu sebesar -0,344. Hal ini mengindikasikan bahwa setiap nilai profitabilitas suatu perusahaan mengalami peningkatan sebesar 1, maka akan menurunkan nilai Cash ETR sebesar 0,344. Perusahaan dengan tingkat profitabilitas, leverage, likuditas, dan capital intensity yang besar akan mempunyai nilai Cash ETR yang rendah. Nilai koefisien capital intensity yaitu sebesar -0,541. Hal ini mengindikasikan bahwa setiap nilai capital intensity suatu perusahaan mengalami peningkatan sebesar 1, maka akan terjadi penurunan pada nilai Cash ETR sebesar 0,541. Hal ini menunjukkan profitabilitas, leverage, likuiditas, dan capital intensity berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.


Full Text:

PDF

References


Adiputri, D. A. P. K., & Wati, N. W. A. E. (2021). Pengaruh Profitabilits, Likuiditas dan Capital Intensity terhadap Agresivitas Pajak. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 467–487.

Bani, N. N., & Wahyu, M. (2015). Pengaruh social responsibility, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan capital intensity terhadap agresivitas pajak. Journal Of Accounting Universitas Diponegoro, 4, 1–14.

Dinar, M., Yuesti, A., & Dewi, N. P. S. (2020). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 2(1).

Hanlon, M., & Heitzman, S. (2020). A review of tax research. Journal of Accounting and Economics, 50(2–3), 127–178.

Herlinda, A. R., & Rahmawati, M. I. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(1).

Indradi, D. (2018). Pengaruh Likuiditas, Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak (Studi empiris perusahan Manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016.). JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 1, 147–167.

Pradana, A. B., & Ardiyanto, M. D. (2017). Pengaruh karakteristik pengawasan dewan komisaris terhadap agresivitas pajak perusahaan.

Rozak, T. S., Hardiyanto, A. T., & Fadillah, H. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 5(1).

Sina, S. S. (2011). Modul Pembelajaran Analisis Multivariat. Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta,CV.

Suyanto, K. D., & Supramono, S. (2015). Likuiditas, leverage, komisaris independen, dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak perusahaan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 16(2).

Tresnati, R. (2011). Kajian Tentang Pelanggan Penggangu (Jay Customer) Dalam Perspektif Islam Studi Kasus Pelanggan Distributor Textil Toko Sandang Selendang Fajar di Ciawi. Ejournal.Unisba.

Yoehana, M., & HARTO, P. (2013). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v10i1.15612

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License