Analisis Penggunaan Paylater dalam Transaksi Digital dengan Konstruk UTAUT 2

Gusi Putu Lestara Permana, Made Adika Pradnya Paramita Astawan, Kadek Wulandari Laksmi P

Abstract


IRevolusi Industri 4.0 mengisyaratkan meningkatnya teknologi yang diimpelmentasikan pada aktivitas-aktivitas  pembayaran, banyak aplikasi e-wallet maupun e-money yang bermunculan dalam rangka mewujudkan less cash society, eksistensi marketplace merubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja secara daring, marketplace menawarkan kemudahan-kemudahan yang membuat masyarakat semakin nyaman dalam melakukan transaksi. Konsep aplikasi paylater hampir sama dengan kartu kredit, penggunanya akan diberikan sejumlah dana oleh suatu pihak dengan batasan tertentu untuk transaksi digitalnya namun yang membedakannya adalah tidak terdapat bentuk fisiknya. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan responden sebanyak 80 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling, data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan performance expectancy, hedonic motivation, trust yang merupakan konstruk  Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology (UTAUT) 2 dapat menjelaskan penggunaan kembali teknologi paylater di masa depan


Full Text:

PDF

References


Aji, H. M., & Adawiyah, W. R. (2021). How e-wallets encourage excessive spending behavior among young adult consumers? Journal of Asia Business Studies. https://doi.org/10.1108/JABS-01-2021-0025

al Qardh, J., Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia.

Arianti, N. L. N., Sri Darma, G., & Putu Mahyuni, L. (2019). Menakar Keraguan Penggunaan QR Code Dalam Transaksi Bisnis. 16(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Mengakses Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota.

Burhan, A. B. (2021). Tokopedia Kini Pakai GoPayLater setelah Geser OVO Points.

Cahyani, N. P. D., & Dewi, L. G. K. (2022). Analisis Adopsi Uang Elektronik dengan Model UTAUT2. E-Jurnal Akuntansi, 32(1), 3496. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i01.p13

Dhia, A. W. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT MELANJUTKAN PENGGUNAAN E-WALLET.

Elena, M. (2020). Transaksi E-Commerce Meningkat 79,38 Persen di Tengah Resesi Ekonomi.

Ghassani, N. (2019). PENGARUH TRUST DAN PERCEIVED RISK TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TRAVELOKA). Riset Akuntansi Keuangan, 4(1).

Indrawati, & Putri, D. A. (2018). Analyzing factors influencing continuance intention of E-payment adoption using modified UTAUT 2 Model: (A case study of Go-Pay from Indonesia). 2018 6th International Conference on Information and Communication Technology, ICoICT 2018, 167–173. https://doi.org/10.1109/ICoICT.2018.8528748

Ispriandina, A., & Sutisna, M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN TEKNOLOGI YANG MEMENGARUHI INTENSI KONTINUITAS PENGGUNAAN MOBILE WALLET DI KOTA BANDUNG. Industrial Research Workshop and National Seminar.

Laksmi, K. W., & Permana, G. P. L. (2018). PENGGUNAAN E-MONEY DALAM E-COMMERCE SEBAGAI PENDUKUNG LESS CASH SOCIETY.

Novendra, B., & Aulianisa, S. S. (2020). Konsep dan Perbandingan Buy Now, Pay Later. Jurnal RechtsVinding. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/

Permana, G. P. L., & Dewi, L. P. K. (2019). MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) DI KOTA DENPASAR. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), 2528–1216. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458

Pratika, Y., Salahudin, S., Riyanto, D. W. U., & Ambarwati, T. (2021). Analysis of Pay Later Payment System on Online Shopping in Indonesia. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(3). https://doi.org/10.14414/jebav.v23i3.2343

Raihan, T., & Indira Rachmawati, I. S. (2019). ANALYZING FACTORS INFLUENCING CONTINUANCE INTENTION OF E-WALLET ADOPTION USING UTAUT 2 MODEL (A CASE STUDY OF DANA IN INDONESIA). E-Proceeding of Management.

Sidabutar, iin C. (2020). Pengaruh Kepuasan Pengguna Fitur Shopee Paylater Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Sumarsan Goh, T., & Sagala, E. (2021). ANALISIS E-COMMERCE BERBASIS MARKETPLACE YANG BERPERAN MEMBANTU WIRAUSAHA PEMULA DALAM MENJALANKAN BISNIS. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 2(1). https://doi.org/10.31960/ijoeei.v1i2.993

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012a). Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 36(1), 157–178. https://doi.org/10.2307/41410412

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012b). CONSUMER ACCEPTANCE AND USE OF INFORMATION TECHNOLOGY: EXTENDING THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 1 Viswanath Venkatesh. MIS Quarterly, 36(1), 157–178.

Yoga, I. M. S., Korry, N. P. D. P., & Yulianti, N. M. D. R. (2019). Information technology adoption on digital marketing communication channel. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n2.297




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i2.13195

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License