Brand Equity pada Mobil Toyota di Indonesia

Kartika Yuliantari, Nurhidayati Nurhidayati, Sugiyah Sugiyah

Abstract


Peranan brand equity pada perusahaan berguna karena dengan brand equty yang tinggi, akan memiliki market share yang tinggi pula. Dengan demikian, perusahaan mobil Toyota perlu untuk mengetahui kondisi brand equity produknya melalui riset terhadap elemen-elemen brand equity Tujuan penulisan melalui elemen ekuitas merek memudahkan perusahaan mobil Toyota untuk menentukan langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Metode penelitian yang digunakan pada analisis  brand awareness adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, Analisis Brand association metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk kesan kualitas dilakukan dengan analisis diskriptif dan untuk Brand Loyalty menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data primer berupa kuesioner sejumlah 100 orang pemakai mobil Toyota melalui google form. Hasil dari penelitian adalah dilihat dari Brand Awareness maka mobil Toyota merupakan brand mobil yang berhasil meraih puncak top of mind, berdasarkan brand association mobil Toyota adalah produk mobil dengan inovasi desain dan teknologi yang tinggi; merupakan merek mobil terkenal; mobil yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki kredebilitasnya tinggi;  memiliki popularitas yang lebih baik dibandingkan merek lain; memiliki performa yang sangat tinggi; memiliki kualitas kecepatan yang sangat tinggi; memiliki karakteristik yang lebih baik dibandingkan dengan mobil merek lain. Hasil analisis perceived quality mobil Toyota dengan metode performence-importance secara individu untuk perceived quality sudah dinilai baik karena tingkat importance lebih tinggi nilainya daripada tingkat performancenya, menunjukkan perceived quality harapan responden terhadap minuman mobil Toyota telah melebihi tingkat kepentingan atribut itu sendiri, Brand Loyalty mobil Toyota cukup baik, meskipun pada tingkat liking the brand terlihat mengecil, hal ini merupakan masalah yang harus dipecahkan melalui peningkatan loyalitas merek.


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brand. The Free Press.

Aaker, D. A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.

Durianto, Darmadi, Sugianto, & Sitinjak, T. (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT Gramedia Pustaka Utama.

Ningrum, Nanik Kusuma. (2019). Kesetiaan Merek Vs Perilaku Berpindah: Apakah Kecenderungan Untuk Berpindah, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Resiko Mampu Membentuk Perilaku? Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 155–161. https://journal.upy.ac.id/index.php/akmenika/article/view/164

Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.

Suliyanto, W. B. A., & Rahab. (2019). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Kesetiaan Merek Didimensikan Oleh Kencintaan Merek, Kepercayaan Merek, dan Keterkaitan Merek. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA) Volume 21 Nomor 03 Tahun 2019, 21(3), 1–20.

Sumarwan, U. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. PT Penerbit IPB.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i1.12673

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License