Determinan Return Saham pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman

Wahyu Ningsih, Ermalina Ermalina

Abstract


Kajian ini berpusat pada organisasi sub area food and refreshment yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020. Populasi dalam tinjauan ini adalah 26 organisasi dan 10 organisasi yang dicicipi dengan menggunakan pengujian purposive berdasarkan standar tertentu. Dalam ulasan ini, pencipta menggunakan teknik asosiatif dengan metodologi kuantitatif. Informasi dalam tinjauan ini menggunakan informasi tambahan dari ringkasan fiskal tahunan setiap organisasi dan informasi stok yang dicatat setiap bulan. Penyelidikan informasi dengan uji t dan Moderated Regression Analysis menggunakan program Eviews 10. Hasil uji t menunjukkan bahwa faktor Debt to Equity Ratio, Price Earning Ratio dan Beta pada tingkat tertentu berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. Nilai Tambah Ekonomi memiliki konsekuensi merugikan yang tidak signifikan terhadap pengembalian saham, sementara Pengembalian Aset memiliki hasil konstruktif yang kritis terhadap pengembalian saham. Dilihat dari uji Moderated Regression Analysis, menunjukkan bahwa adanya Economic Value Added melemahkan hubungan atau tidak mengarahkan faktor Debt to Equity Ratio, Price Earning Ratio, Return on Asset dan Beta terhadap return saham

 


Full Text:

PDF

References


Azis, M., Mintarti, S., & Nadir, M. (2015). Manajemen Investasi. Deepublish.

Ghozali, I., & Ratmoko, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika (Edisi 2). Undip.

Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (10th ed.). BPFE Yogyakarta.

https://finance.yahoo.com

https://www.idx.co.id/

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan (Revisi).

Kusuma, R. A., & Topowijono. (2018). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Terhadap Return Saham. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 61(3 Agustus 2018).

Mayuni, I. A. I., & Suarjaya, G. (2018). Pengaruh ROA, Firm Size, dan PER Terhadap Return Saham pada Sektor Manufaktur di BEI. E-Journal Manajemen Unud, Vol. 7 No. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i08.p2

Rahmawati, A. (2017). Pengaruh Earning Per Share (EPS) Return On Equity (ROE) dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return Saham Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 - 2015. E-Journal.

Satriastuti, E. (2017). Pengaruh Risiko Sistematis Terhadap Return Saham.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quartely Journal of Economic, Vol. 87 No.

Sukmawati, S. (2017). Pengantar Pemodalan Keuangan dan Analisis Pasar Modal.

Supriantikasari, N., & Utami, E. S. (2019). Pengaruh Return On Asset, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Earning Per Share dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham. JRAMB, VOl. 5 No.

Undang-Undang No.8. (1995). Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i1.11448

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License