Pengaruh Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada 7 perusahaan sektor makanan dan minuman di BEI 2015-2019

Cahyat Rohyana, Diana Maryana

Abstract


Pajak merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara. Wajib pajak yang dimaksud bisa berupa wajib pajak orang pribadi atau wajib pajak badan. Jika wajib pajak badan, maka pembayaran pajak dapat mengurangi perolehan laba. Guna mendaptakan laba yang besar, perusahaan dapat diindikasikan melakukan penghindaran pajak. Penghindaran pajak adalah salah satu bagian dari perencanaan pajak yang dilakukan secara legal. Salah satu hal guna meminimalisir penghindaran pajak oleh pihak pengelola perusahaan ada dengan Good Corporate Governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemilikan institusional, dewan komisaris dan komite audit secara parsial maupun simultan terhadap penghindaran pajak. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel kepemilikan institusional dengan variabel penghindaran pajak, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel dewan komisaris dengan variabel pengindaran pajak, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel komite audit dengan variabel pengindaran pajak dan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kepemilikan institusional, dewan komisaris dan komite audit terhadap penghindaran pajak.


Full Text:

PDF

References


Sunarsih, Oktaviani. 2016. Good Corporate Governance in Manufacturing Companies Penghindaran pajak. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta. Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia.

Wardani, Anggara, Amirah. 2016. Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Good Corporate Governance (GCG), dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Penghindaran Pajak (Penghindaran pajak). Skripsi tidak diterbitkan. Bekasi. Universitas Pancasakti.

Novitasari, Nurhayati, Sukarmanto. 2015. Pengaruh Return on Asset, Leverage, Ukuran Komite Audit dan Kompetensi Komite Audit Terhadap Penghindaran pajak (Pada Perusahaan Jasa Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2014). Bandung. Universitas Islam Bandung.

Agung, Wilopo dan Yusri. (2016). Pengaruh Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada Perusahaan Terdaftar di Indeks Bursa Sri Kehati Tahun 2010-2014). Jurnal Perpajakan Vol. 11 No. 1. Kediri. Universitas Brawijaya.

Ahmad dan Zulaikha. (2015). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2014). Jurnal Akuntansi Vol. 4 No. 4. Semarang. Universitas Diponegoro.

Uun dan Puput. (2016). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur yang Terdafatar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Vol. 12 No. 2. Jakarta. Universitas Katolik Indonesia.

Luluk, Zahida. (2015). Analisis Tax Planning untuk Efisiensi Pajak Penghasilan. Jurnal Akuntansi. Malang. Universitas Kanjuruhan Malang.

Titiek dan Anni. (2016). Tren Penghindaran Pajak Perusahaan Manufaktur di Indonesia yang Terdafatar di BEI Tahun 2001-2014. Jurnal Akuntansi Vol. xx No. 3. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Irwan dan Bambang. (2018). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Proporsi Dewan Komisaris Independen Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi Vol. 20 No. 2. Purwokerto. Universitas Jenderal Soedirman.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan - Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

KNKG. (2006). Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia. Komite Nasional Kebijakan Governance.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 2019. Mengejar Lompatan Rasio. Diunduh di https://www.kemenkeu.go.id/media/11884/media-keuangan-maret-2019.pdf




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v8i2.10918

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License