PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF BERBENTUK PUZZLE GUNA MELATIH KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK

Warjiyono Warjiyono, Galih Wuri Wardhani

Abstract


Kecerdasan visual spasial anak adalah kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak yang memiliki kemampuan berpikir dalam bentuk gambar.Ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan visual spasial diantaranya adalah anak-anak yang suka menggambar, bermain warna dan bongkar pasang. Puzzle merupakan salah satu permainan yang bagus untuk melatih kecerdasan visual spasial anak, terutama anak dibawah 12 tahun, karena dengan puzzle dapat melatih kemampuan berpikir anak, akan menjadi aktif, memiliki pemahaman terhadap sesuatu, mendorong anak untuk dapat memecahkan suatu masalah yaitu dengan cara menyelesaikan puzzle. Tujuan dari  perancangan animasi interaktif berbentuk puzzle ini adalah untuk membantu  dalam melatih kemampuan otak anak terutama kecerdasan visual spasial. Penulis menggunakan software Adobe Flash CS5 dalam merancang animasi pembelajaran interaktif berbentuk puzzle tersebut.  Penulis membuat pokok bahasan media pembelajaran ini dalam 5 (lima) menu utama, yaitu “Easy” yang berisi kumpulan puzzle dengan level mudah. “Medium”, berisi kumpulan puzzle dengan tingkatan yang lebih sulit, “Hard”, berisi kumpulan puzzle dengan tingkat kesulitan paling tinggi, “Profil” berisi tentang biodata pembuat animasi, Kemudian yang terakhir adalah “Bantuan”, berisi petunjuk penggunaan.
Kata Kunci: Animasi Interaktif, Puzzle, Kecerdasan Visual Spasial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v2i1.642

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License