IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS DAPOERIN'S)

Arfhan Prasetyo, Ricki Sastra, Numan Musyaffa

Sari


Penjualan produk kudapan pada DAPOERIN’S belum memanfaatkan algoritma data mining yang dapat membantu menganalisis data transaksi untuk mengoptimalkan penjualan dan juga agar dapat mengurangi banyak sisa kudapan yang tidak terbeli oleh pembeli.  Untuk menghindari terjadinya sisa jenis kudapan yang kurang peminatnya dan mengetahui jenis-jenis kudapan mana saja yang laris terjual diperlukan algoritma apriori.  Algoritma apriori dapat mengetahui hal tersebut berdasarkan data transaksi yang terjadi.  Penelitian ini melakukan analisis data transaksi menggunakan data mining dengan metode algoritma apriori, menggunakan algoritma tersebut dapat diketahui produk kudapan yang paling banyak terjual, sehingga dapat menyiapkan persediaan bahan baku yang diprioritaskan dan menyusun strategi memasarkan produk dengan jenis kudapan yang lain dengan mengkaji keunggulan produk kudapan satu dengan dan lainnya yang sering banyak terjual.

Kata Kunci


Analisis, Data Mining, Algoritma Apriori

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi dengan Algoritma Apriori untuk Analisa Data Penjualan. Pilar Nusa Mandiri.

Dewi Listriani, A. H. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro). Teknik Informatika .

Djamaludin, I. (2017). Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. SIMETRIS.

Fitri Rahmawati, N. M. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori . Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic.

Goldie Gunadi, D. I. (2012). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis terhadap Data Penjualan Produk Buku dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth):Studi Kasus Percetakan PT Gramedia. Telematika .

Harvei Desmon Hutahaean, B. S. (2016). Analisa dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori untuk Korelasi Penjualan Produk (Studi Kasus : Apotik Diory Farma). Journal of Informatics Pelita Nusantara.

Laela Kurniawati, A. E. (2019). Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Persediaan Spare Part Compressor. Journal of Computer Engineering System and Science.

Rodiyansyah, S. F. (2016). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada. Infotech.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Teknik Komputer.

Sriyuni Sinaga, A. M. (2019). Penerapan Algoritma Apriori dalam Data Mining untuk Memprediksi Pola Pengunjung pada Objek Wisata Kabupaten Karo. Penelitian Teknik Informatika .

Surti Kanti, R. E. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store SDC Tanggerang dengan Algoritma Apriori. UMJ.

Sutrisno. (2020). Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Penjualan Produk Dana Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kanca Jakarta Pasar Minggu . SIMIKA.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v8i2.8994

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v8i2.8994.g4535

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta