PROTOTIPE APLIKASI SEWA RUMAH (SERUM) BERBASIS ANDROID

Ifran Augitiansyah, Muhammad Sony Maulana, Panny Agustia Rahayuningsih

Sari


Perkembangan teknologi seperti mobile dan internet berimbas pada munculnya kesempatan untuk beberapa bidang yang memanfaatkannya sebagai batu loncatan. Dalam hal ini dalam bidang bisnis, internet dan mobile memberikan kesempatan untuk memperluas cakupan transaksi jual beli. Sebelumnya transaksi tersebut hanya dapat dilakukan secara tatap muka saja, namun sekarang sudah tidak lagi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peradaban manusia telah mendorong manusia pada kehidupan yang lebih baik, ditandai dengan banyaknya teknologi yang mempercepat pekerjaan manusia itu sendiri. Aplikasi M-Commerce dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Kemudahan tersebut dapat dirasakan misalnya seperti mahasiswa atau orang-orang perantauan yang sedang mencari tempat tinggal di kota. Ketika seseorang sedang mencari tempat tinggal, namun tidak memiliki jadwal harian maupun informasi yang detail, mereka dapat mencari informasi tersebut melalui aplikasi M-Commerce tanpa perlu berkeliling mencari informasi. Maka diperlukan suatu sistem penyewaan dengan memanfaatkan media informasi internet berbasis android agar proses penyewaan dapat dilakukan secara online dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses transaksi.


Kata Kunci


Perancangan aplikasi android, pemesanan sewa rumah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, P., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10.

Eka Jayanti, W., Eva, M., & Fahriza, N. (2018). Game Edukasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 2(2), 98–104.

Firmansyah, Y., & Udi. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 4(1).

Maulana & Hardiansyah. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-Hewan Khas Kalimantan Berbasis Android Mobile Learning ( Studi Kasus : TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 ).

Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2), 119–127

Palevi o, Mulyani astria, K. iftahul. (2018). Sistem Informasi Inventori Barang Menggunakan Metode Object Oriented Di Pt. Livaza Teknologi Indonesia Jakarta. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 5(1), 27–35.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v8i1.8279

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v8i1.8279.g4159

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta