Metode Support Vector Machine Sebagai Penentu Kelulusan Mahasiswa pada Pembelajaran Elektronik

Rizqi Agung Permana, Sucitra Sahara

Sari


Pembelajaran Elektronik adalah sistem web platform komunikasi berbasis yang memungkinkan peserta didik, tanpa batasan tempat dan waktu, untuk mengakses berbagai alat belajar, seperti forum diskusi, penilaian, repositori konten, dan sistem sharing dokumen. Pembelajaran Elektronik bisa sama efektifnya dengan tatap muka dalam pengajaran di kelas konvensional dan belajar, jika teknik mengajar yang tepat dan terorganisir dengan baik. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan dengan algoritma membandingkan dan Support Vector Machine Support Vector Machine dengan menggunakan data log dari siswa. Kemudian di tes untuk mendapatkan akurasi dan nilai-nilai AUC setiap algoritma sehingga hasil tes yang tertinggi diperoleh dengan menggunakan mesin dukungan vektor dengan akurasi 85.02%, dan nilai AUC 0.710.

Kata Kunci


Metode SVM, Kelulusan Mahasiswa, Pembelajaran Elektronik

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v7i1.5743

DOI (PDF (English)): https://doi.org/10.31294/jki.v7i1.5743.g3251

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Kampus Pontianak

Jl. Abdurrahman Saleh No.18 A Pontianak, Kalimantan Barat 78124

Telp : (0561)583924, Fax : (0561) 583934

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta