Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android
Sari
Keanekaragaman khas Kota Pontianak saat ini kurang diminati oleh masyarakat luas, hal ini dikarenakan masuknya khas-khas luar yang memiliki konten dan teknologi yang jauh lebih menarik, salah satunya adalah perkembangan teknologi pada dunia game. Dimana semakin banyak pula jenis aplikasi game yang dikembangkan salah satunya adalah game mobile. Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang mengambil tema cerita kota Pontianak dan ciri khasnya, yang tujuannya dari game mobile ini untuk mempromosikan khas yang ada di Kota Pontianak. Sehingga diharapkan dengan inovasi seperti ini maka dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat luar untuk berkunjung ke Kota Pontianak. Pembuatan aplikasi game kuis Pontianak Punye ini mengunakan game engine Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini merupakan game 2D dengan genre trivia atau permainan yang berisi pertanyaan-pertanyaan atau kuis. Game ini hanya memiliki 2 menu untuk memulai permainan, akan tetapi di dalam 2 menu, yaitu menu permaenan dan cerite dan di dalamnya terdapat isi yang yang menyenangkan. Pada tahap pembuatan game terdapat beberapa tahap seperti perancangan permainan, desain menu dan objek-objek. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user. Sehingga dihasilkan aplikasi game kuis Pontianak Punye yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0+ untuk menjalankan permainan kuis Pontianak Punye di smartphone Android dan untuk menjalankan permainan kuis Pontianak Punye ini di Windows, OS Windows 32/64bit (XP, VISTA, 7, 8 dan Windows 10) dengan aplikasi Browser Google Chorome versi 9.0 dan Frifox versi 3.6.13. Game ini diperuntukan kepada seluruh kalangan agar tertarik akan keanekaragaman dan ciri khas Kota Pontianak.
Kata Kunci: Game, Pontianak Punye, keanekaragaman dan ciri khas Kota
DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v5i2.2882
DOI (PDF (English)): https://doi.org/10.31294/jki.v5i2.2882.g1866
DOI (PDF (English)): https://doi.org/10.31294/jki.v5i2.2882.g4570
##submission.copyrightStatement##


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License