PENGEMBANGAN GLOSARIUM DIGITAL BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN INFORMATIKA

Dewi Sulistiyarini, Dochi Ramadhani, Selvi Aghnaita Syahla, Febrianto Sabirin

Sari


Media glosarium digital untuk mata pelajaran informatika adalah alat yang memuat kumpulan istilah-istilah terkait bidang studi informatika. Mata pelajaran ini berfokus pada teknologi komputer dan perangkat lunak, sehingga sering kali menggunakan istilah asing yang dianggap sulit dipahami. Glosarium digital ini diharapkan dapat membantu siswa dengan memberikan definisi yang jelas dan sederhana untuk setiap istilah. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penilaian terhadap glosarium melibatkan tinjauan dari ahli desain, ahli media, ahli materi, serta umpan balik dari siswa. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner validasi, dan kuesioner tanggapan dengan menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi desain memperoleh rata-rata skor 4,76 dengan kategori "sangat layak". Validasi oleh ahli media dan ahli materi masing-masing mendapatkan skor rata-rata 4,56 dan 4,50, juga dalam kategori "sangat layak". Selain itu, tanggapan siswa terhadap glosarium digital berbasis Android menunjukkan rata-rata skor 4,49, yang dikategorikan sebagai "sangat baik". Glosarium digital berbasis Android untuk mata pelajaran informatika dinilai sangat layak dan mendapatkan respons positif dari siswa, menjadikannya alat yang efektif untuk membantu memahami istilah teknis atau spesifik.


Kata Kunci


Glosarium Digital, Informatika, ADDIE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chaer, A. (2017). Linguistik Umum. Jakarta:PT. Rineka Cipta

Hasanah, F.N., & Untari, R.S (2020). Rekayasa Perangkat Lunak. UMSIDA Press.

Indrawan, R & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama

Irsalina, R.A (2019). Pengembangan E-Glosarium Dengan Program Android Studio Sebagai Media Pembelajaran Untuk Peserta Didik Kelas X di SMA/MA Negeri Sederajat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Diakses Pada: 12 Januari 2023. http://repository.radenintan.ac.id/7289/1/skripsi%20pdf%20lengkap.pdf

Kartika, A. (2019) . Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Jakarta, Universitas Negeri Jakarta.

Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka pemulihan Pembelajaran

Kepmendikbudristek Nomor 262 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka pemulihan Pembelajaran

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mushthofa, Wahyono, Asfarian A, Ramadhan A.D, Putro P.H, Wisnubhadra I, Saputra B, Pratiwi H. (2021). Buku Informatika Kelas X Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Narulita, S., Nugroho, A., & Abdilla, M. Zakki. (2024). Diagram Unifiied Modelling Language (UML) untuk Perancangan Sistem Infromasi Manajemen peneltiian dan pengabdian Masyarakat (SIMLITABMAS). BRIDGE: Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Telekomunikasi, 2(3), 244-256.

Nistrina, K., & Sahidah, L. (2022). Unifiied Modelling Language (UML) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMK Marga Insan Kamil. Jurnal Sistem Informasi (J-SIKA), 4(1), 17-23.

Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sabirin, F., Sulistiyarini, D., & Zulkarnain. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Seminar dan Skripsi Mahasiswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 73–82.

Sukardjo. (2008). Hand Out Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanjayanti, R. (2021). INFORMATIKA JADI MATA PELAJARAN WAJIB APA UNTUNGNYA?. [Online]. Diakses dari https://informatics.uii.ac.id/2021/04/18/informatika-jadi-mata-pelajaran-wajib-apa-untungnya/ pada tanggal 19 Januari 2023.

Susanti, E. (2019). “Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK)Dan Non Performing Financing Terhadap Pembiayaan Yang Disalurkan Pada Bank BNI Syariah Periode 2011-2018”. Skripsi. IAIN Palu.

Taufiqurrahman. (2008). Manfaat Kamus Dalam Bahasa Arab. [Online]. Diakses dari www.majlistaklimalmuttaqin.multiply.com pada tanggal 29 Februari 2023.

Usda, F. (2020). Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Materi Kimia Kelas X di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi. Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/14165/1/Furqan%20%Usda%2C%20150208048%2C%20FTK%2C%20PKM%2C%20082277709190.pdf pada tanggal 01Maret 2023.

Wahyono, Mushthofa, Asfarian, A., Ramadhan, D.A., Putro, H.P., Wisnubhadra, I., Saputra, B., & Pratiwi, H. (2021). Buku Panduan Guru Informatika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v13i1.25124

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v13i1.25124.g6870

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta