SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN USTAD USTADZAH TERBAIK PADA MTS DEMPO DARUL MUTTAQIEN

Febriansyah Febriansyah, Siti Muntari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu sistem penunjang keputusan pemilihan ustad / ustadzah terbaik pada Mts Dempo Darul Muttaqien Pagar Alam, permasalahan yang dihadapi saat ini Untuk pemilihan ustad / ustadzah di Mts dilakukan dengan cara semi manual dengan menggunakan kalkulator sebagai alat hitung untuk menjumlahkan nilai dan Ms.Word tempat untuk memasukkan nilai-nilai kriteria pada tabel yang telah di tentukan oleh kepala madrasah dalam pemilihan ustad / ustadzah terbaik pada Mts Dempo Darul Muttaqien. Dengan metode ini tidak begitu efektif yang dikarnakan besar kemungkinan kesalahan dalam penjumlahan nilai-nilainya. Sistem penunjang keputusan ialah sistem informasi yang berbasis komputer dalam membantu manusia untuk pengambilan suatu keputusan, suatu sistem baru yang lebih efektif dan sudah terkomputerisasi, dimana dengan adanya sistem penunjang keputusan ini maka akan ada database untuk menyimpan data ustad / ustadzah, data kriteria dan data hasil penilaian yang tersimpan di database. Metode Simple Addictive Weighting (saw) adalah metode terbobot yang akan digunakan dalam sistem untuk menghitung nilai bobot setiap atribut kemudian dilanjutkan prangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Untuk perancangan Sistem ini dirancang dengan metode UML (Unified Modeling Language) dan Aplikasi Axure. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dan MySQL sebagai database-nya. Pengujian sistem ini menggunakan  blackbox testing. sistem penunjang keputusan ini nantinya akan di implementasikan pada MTS agar mempermudah tim penilai pada Mts dalam pengolaan data dan menginputan data untuk menentukan ustad / ustadzah yang menjadi terbaik pada Mts Dempo Darul Muttaqien kota Pagar Alam.


Kata Kunci


Sistem Penunjang Keputusan; Simple Addictive Weighting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, R. (2018). 7 In 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Jakarta: Jakarta.

Andriyani, & Siyoperman, G. (2016). Sistem Monitoring Peralatan Bengkel Menggunakan Metode Waterfall Dengan Mvc Codeigniter. Teknik Utama Jurnal Sains Dan Teknologi.

Dedi, Waluyo, E. T., & Septiananingrum, L. (2019). Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Stok Lensa Berbasis Web Pada Optik Trio Jaya Cabang Tangerang. Jurnal Sisfotek Global, 6.

Elistri, M., Wahyudi, J., & Supardi, R. (2014). Penerapan Metode Saw Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Selum. Jurnal Media Infotama Vol. 10 No. 2, 5.

Gunawan, S. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada Sma Negeri 2 Kutacane Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Pelita Informatika Budi Darma, 6.

Hakim , L. (2017). Perancangan Aplikasi Pendaftaran Akta Kelahiran Pada Kantor Catatan Sipil Kota Lubuklinggau Berbasi Web Mobile. Jurnal Sigmata | Lppm Amik Sigma, 8.

Hanafri, M. I., Triono, & Luthfiudin, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada Stmik Bina Sarana Global. Jurnal Sisfotek Global , 6.

Hartanto, A., & Agustina, R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Terfavorit Dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp). Seminar Nasional Fst Volume 2, 8.

Hawari, F. (2019). Sistem Informasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis Web Menggunakan Framwork Codeigniter. Jusibi-(Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis) Volume 1, Issue 5, , 177-184.

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, Vol.Iii No.1, 10.

Hutasoit, R. S., Windarto, A. P., Hartam, D., & Solikhun. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada Smk Maria Goretti Pematangsiantar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) . Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi & Teknik Informatika), 9.

Iswandy, E. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur. Jurnal Teknoif, 10.

Nofriansyah, D. (2015). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Yogyakarta.

Puspita , D. (2016). Website Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Stt Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 07, No.03, 11.

Rahmadayanti, F., Oktavianus, D., Muntari, S., & Setiadi, D. (2017). Praktikum Rdbms. Pagar Alam: Percetakan Ctc Career & Training Center.

Rosa, & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Simarmata, J., Limbong, T., Aritonang, M., & Sriadhi. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Bidang Studi Komputer Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) . Cess (Journal Of Computer Engineering System And Science), 5.

Sriadhi, J. T., & Mendarissan Aritonang. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Bidang Studi Komputer Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Cess (Journal Of Computer Engineering System And Scienc, 5.

Supono, & Putratama, V. (2016). Pemrograman Web Dengan Menggunakan Php Dan Framework Codiegniter. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Supono, & Putratama, V. (2016:109). Pemrograman Web Dengan Menggunakan Php Dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Titin Prihatin, Y. (2018). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Untuk Pemilihan Guru Berprestasi Pada Smp Islam Pondok Duta . Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 6.

Yulia Karlina Hasim, T. F. (2017). Rancang Bangun Decision Support System Pemilihan Guru Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Jutis Journal Of Informatics Engineering Vol.5 No.1, 5.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.20269

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.20269.g6320

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta