PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMASARAN PRODUK KRIYA DENGAN METODE PLANE TRACKING PADA META SPARK STUDIO
Sari
Dalam era teknologi informasi yang semakin berkembang, pemasaran produk juga harus bisa di lakukan dengan memanfaatkan teknologi. Banyak teknologi yang bisa digunakan dalam pemasaran, salah satunya teknologi augmented reality. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan augmented reality sebagai media promosi interaktif, yang diharapkan dapat meberikan informasi untuk membatu penjualan. Perancangan filter Instagram berbasis augmented reality dengan Try-On untuk Kriya, mengadopsi metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dari hasil publikasi AR didapatkan Impressions sebanyak 282 kali, dibuka sebanyak 1.600 kali, dan share sebanyak 20 kali. Dilihat berdasarkan data opens sebanyak 1600 kali dalam waktu singkat maka filter Instagram bisa menjadi salah satu alternatif dalam melakukan promosi sebuah produk.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Augmented Reality. (2020). Encyclopedia of Education and Information Technologies, 202. https://doi.org/10.1007/978-3-030-10576-1_300039
Dayat, A. R., & Angriani, L. (2021). Designing A 3-Dimensional Campus Brochure Application Based On Augmented Reality. Berkala Sainstek, 9(2), 57. https://doi.org/10.19184/bst.v9i2.21958
ISMAYANTI, I. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Industri Kreatif Subsektor Seni Kriya Di Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 1(2), 217–229. https://doi.org/10.20527/jiep.v1i2.1130
Kylena, L. A., Terapan, F. I., Telkom, U., Utoro, R. K., Terapan, F. I., Telkom, U., Sujana, A. P., Terapan, F. I., Telkom, U., & Tracking, F. (2023). Implementasi Tracking Filter Pertanyaan Kuis Sambung Lagu pada Instagram dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android dan IOS untuk Promosi Produksi Musik Haifa Azzura Moritza Music Series Management Implementation of Tracking Filter Questions Quiz. 9(1), 453–464.
Lovendra, S. (2021). Pengaruh penggunaan Augmented Reality Marketing terhadap Buying Decision produk kecantikan Maybelline official shop di Shopee dengan Consumer Engagement sebagai Intervening Variable. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(1), 13. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11933
Maha Putra. Angga. (2020). Perancangan Filter Instagram Berbasis Augmented Reality dengan FACE MASK SPARK AR PADA AKUN NEW MEDIA COLLEGE. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(3), 391–397.
Maulana, gun gun. (2017). _PENERAPAN AUGMNETER REALITY UNTUK PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN SOFWARE UNITY 3D DAN VUFORIA. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 06, 74–78.
Putra, I. P. A. S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Card Traspostasi Berbasis Android. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.51211/isbi.v7i1.1906
Rufaidah, P., & Sutisna, S. (2015). Kapabilitas Dinamis Umkm Industri Kreatif Jawa Barat. Sosiohumaniora, 17(1), 60. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v17i1.5674
Sartika, Anung Rachman, & Asmoro Nurhadi Panindias. (2021). Pemanfaatan AugmentedReality(AR) sebagai Media Promosi Iklan Produk Susu Kedelai Berbasis Filter Instagram. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 6(2), 119–126. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v6i2.512
Sugiono, S. (2021). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Augmented Reality di Perangkat dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 1. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3715
Wijayanti, R. R. (2018). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Interaktif Untuk Katalog Food and Beverage Pada Hokcafe. JIKA (Jurnal Informatika), 2(2), 73–83. https://doi.org/10.31000/.v2i2.1519
DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v12i1.19906
##submission.copyrightStatement##
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika
Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License