PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Farkah Maulana, Dian Nur Sholihaningtias, Heriyati Heriyati

Sari


Setiap tahun, kegiatan penerimaan peserta didik baru dilakukan sebagai bagian dari proses administrasi sekolah. Kegiatan ini merupakan titik awal dalam mencari sumber daya yang berkualitas sesuai dengan kriteria sekolah. Namun, proses seleksi yang dilakukan secara konvensional memiliki banyak resiko yang akan diterima pihak sekolah, oleh karena itu diperlukannya sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.  Dalam penelitian ini, merancang sebuah sistem yang terkomputerisasi untuk kegiatan penerimaan peserta didik baru pada SMP IT Al Fadl Cibinong yang dapat memberikan kemudahan mulai dari segala aspek dan telah terkoneksi ke dalam database. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan dalam penelitian ini sebagai dasar dalam melakukan pengambilan keputusan dari hasil perhitungan yang didapatkan secara akurat. Penelitian ini berhasil merancang sistem Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang akan diimplementasikan pada SMP IT Al Fadl Cibinong. Sistem aplikasi dirancang menggunakan bahasa pemograman Java Netbeans dan MySQL sebagai tempat penyimpanan atau database. Dengan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi panitia penyelenggara PPDB dalam mengelola berbagai aspek, mulai dari pengolahan data calon peserta didik, penginputan nilai seleksi, perhitungan menggunakan metode AHP yang terkomputerisasi, penilaian hasil tes seleksi yang digunakan untuk membuat keputusan penerimaan calon peserta didik, hingga mencetak laporan secara otomatis.


Kata Kunci


Sistem Pendukung Keputusan, Metode Analytical Hierarchy Process, Penerimaan Peserta Didik Baru, Java Netbeans

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Bayu, A. K. (2020). Merajut Indonesia Dari Cinta Beda Agama. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute.

Cholik, C. A. (2021). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI / ICT DALAM BERBAGAI BIDANG. 14(1), 1–13.

Dewi, H. P., & Meutia, Z. (2022). Implementasi TQM pada Lembaga Pendidikan. Medan : CV. Cattleya Darmaya Fortuna.

Evanirosa, Ali, R., Bagenda, C., Hasnawati, Azizah, K., Nursaeni, Maisarah, Asdiana, Shobri, M., & Adnan, M. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung : Media Sains Indonesia.

Lestari, Y., Sunardi, & Fadlil, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru dan Pemilihan Jurusan dengan Metode AHP dan SAW. 6, 1607–1620. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4227

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Sleman : Deepublish.

Prawira, M. A., & Amin, R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Pada PT. Citra Prima Batara Dengan Metode AHP. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Rusnanda, R., & Asmaidi. (2022). Aplikasi Komputer. CV Jejak IKAPI : Sukabumi.

Sugiarto. (2022). Metodologi Penelitian Bisnis (Edisi 2). Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.

Sulastri, Rizki, F., & Andika, T. H. (2021). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (SPK) SELEKSI PENERIMAAN DAN PENJURUSAN SISWA BARU MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) dan FUZZY TSUKOMOTO DI SMA NEGERI 1 KALIJERO. 3(1), 1–10.

Wibowo, H. S. (2023). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Semarang : Tiram Media.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.16674

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.16674.g6325

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta