ANALISIS PERBANDINGAN KOMPRESI CITRA PADA BEBERAPA MEDIA SOSIAL

Dimas Andhika Firmansyah, Ahmad Fashiha Hastawan, Djuniadi Djuniadi

Sari


Dalam era digital dan media sosial yang semakin berkembang pesat, penggunaan citra atau gambar dalam berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya menjadi sangat umum. Namun, penggunaan gambar dalam platform ini seringkali memerlukan adanya proses kompresi untuk mengurangi ukuran file gambar agar dapat dengan mudah diunggah, dibagikan, dan diakses oleh pengguna lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif guna menganalisis perbandingan kompresi citra yang dilakukan pada beberapa media sosial. Pendekatan komparatif adalah pendekatan penelitian yang digunakan untuk membandingkan dan menganalisis perbedaan antara dua atau lebih objek atau fenomena Penilaian subjektif sulit dilakukan karena dari citra yang sudah diunduh hampir tidak dapat dibedakan kualitasnya, maka dari itu diperlukan penilaian secara objektif. Penilaian objektif pada penelitian ini menggunakan rasio kompresi, penghitungan MSE dan penghitungan PSNR. Perhitungan objektif dilakukan dengan mengunggah empat buah citra lalu mengundul kembali keempat citra tersebut guna dilakukan penilaian secara objektif. Perhitungan rasio kompresi yang didapat menunjukkan bahwa rata-rata rasio kompresi tertinggi terdapat pada Instagram sebesar 50%, sedangkan rata-rata rasio kompresi terendah terdapat pada whatsapp yang bernilai 0%. Penilainnya objektif lainnya menggunakan perhitungan MSE dan PSNR dapat diambil kesimpulan bahwa whatsapp dan twitter yang memiliki nilai kompresi terbaik, sedangkan untuk yang terendah dimiliki oleh Instagram dan Facebook.


Kata Kunci


Kompresi, Citra, Media

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chiang, K., & Lin, C. (2018). Image Compression Algorithm for Social Media Applications. International Conference on Applied System Innovation (ICASI), 662-665.

Dharwadker, A. (2017). Image Compression Techniques for Social Media. International Journal of Computer Applications, 25-30.

Gonzalez, R., & Woods, R. (2017). Digital Image Processing. Pearson, 1.

Gupta, S., & Agarwal, A. (2019). Comparative Analysis of Image Compression Techniques on Social Media Platforms. International Conference on Electrical, Electronics, Communication, Computer, and Optimization (ICEECCOT), 106-111.

Jain, V., & Rawat, A. (2021). Comparative Analysis of Image Compression Techniques in Social Media. International Conference on Computing, Communication, and Automation (ICCCA), 1-5.

Lai, J., & Chang, C. (2020). Comparative Study of Image Compression Techniques for Social Media Platform. International Conference on Networking and Networking Applications, 28-33.

Lijphart, A. (1971). Comparative Politics and the Comparative Method. American Political Science Review, 682-693.

Sara, U., Akter, M., & Uddin, S. M. (2019). Image Quality Assessment through FSIM, SSIM, MSE and PSNR—A Comparative Study. Scientific Research, 4-5.

Sulistiyo, W. Y., Rosidin, M., Gustafi, M. F., Aziz, M. A., & Putra, A. I. (2022). Analisis Perbandingan Kualitas Kompresi Citra Digital pada Media Sosial. Jurnal Riset Teknologi Informasi dan Komputer (JURISTIK), 2-4.

Suryaningrat, I. N., Sanjaya, G. D., Hadi, R., & Suwirmayanti, N. G. (2018). KOMPRESI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE DISCRETE COSINE TRANSFORM. SINTAK, 2-5.

Wang, Z., Bovik, A., Sheikh, H., & Simoncelli, E. (2004). Image Quality Assessment : from error visibility to structural similarity. IEEE Transactions on Image Processing 13(4), 600-612.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.16107

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.16107.g6324

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta