KONSULTASI GANGGUAN TERLAMBAT BICARA (SPEECH DELAY) PADA ANAK BALITA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Neng Lina Nurfiana, A. Asriyanik, Winda Apriandari

Sari


Masalah gangguan terlambat bicara (speech delay) merupakan suatu faktor penyebab gangguan perkrmbangan yang sering ditemukan pada anak, merupakan permasalahan yang cukup serius yang harus secepatnya ditangani.Kasus gangguan terlambat bicara (speech delay) semakin meningkat setiap tahun dan peningkatannya semakin signifikan pada masa wabah Covid-19. Kurangnya stimulasi yang menjadi faktor penyebab anak mengalami gangguan keterlambatan bicara (speech delay) serta kurangnya pemahaman dan perhatian yang serius dari orang tua mengenai kondisi gangguan terlambat bicara (speech delay) yang dialami oleh anak, sebagian orang tua meganggap bahwa gangguan terlambat bicara (speech delay) merupakan suatu kondisi yang normal atau suatu hal yang terbiasa dialami oleh anak dalam tahap proses tumbuh kembang. Jika hal ini dibiarkan dan tidak segera ditangani maka bisa menjadi suatu gangguan yang serius. Melalui permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem berbasis web dengan menggunakan metode forward chaining yang dapat digunakan untuk konsultasi serta mengedukasi orang tua sehingga mampu mengurangi kasus terlambat bicara (speech delay) dan dapat membuat suatu keputusan sebagai tindakan awal terhadap gangguan terlambat bicara yang dialami oleh anak.

Masalah gangguan terlambat bicara (speech delay) merupakan suatu faktor penyebab gangguan perkrmbangan yang sering ditemukan pada anak, merupakan permasalahan yang cukup serius yang harus secepatnya ditangani.Kasus gangguan terlambat bicara (speech delay) semakin meningkat setiap tahun dan peningkatannya semakin signifikan pada masa wabah Covid-19. Kurangnya stimulasi yang menjadi faktor penyebab anak mengalami gangguan keterlambatan bicara (speech delay) serta kurangnya pemahaman dan perhatian yang serius dari orang tua mengenai kondisi gangguan terlambat bicara (speech delay) yang dialami oleh anak, sebagian orang tua meganggap bahwa gangguan terlambat bicara (speech delay) merupakan suatu kondisi yang normal atau suatu hal yang terbiasa dialami oleh anak dalam tahap proses tumbuh kembang. Jika hal ini dibiarkan dan tidak segera ditangani maka bisa menjadi suatu gangguan yang serius. Melalui permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem berbasis web dengan menggunakan metode forward chaining yang dapat digunakan untuk konsultasi serta mengedukasi orang tua sehingga mampu mengurangi kasus terlambat bicara (speech delay) dan dapat membuat suatu keputusan sebagai tindakan awal terhadap gangguan terlambat bicara yang dialami oleh anak.

 


Kata Kunci


Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay); Sistem Pakar; Forward Chaining; Konsultasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, W. (2014). KETERLAMBATAN BICARA ( SPEECH DELAY ) PADA ANAK ( STUDI KASUS ANAK USIA 5 TAHUN ).

Apridiansyah, Y., Veronika, N. D. M., & Oktarini, R. (2017). DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN TIPE AUTISME PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN METODE FORWARD CHAINING. Pseudocode, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.2.97-104

Atalantha, A. F., Kurniawan, R., & E, P. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA KOSA KATA UNTUK ANAK KETERLAMBATAN BICARA PADA PAUD ANAK CERIA. Jurnal Desain, 9, 375.

Evandio, A. (2022). Darurat Speech Delay. Bisnis.Com. https://lifestyle.bisnis.com/read/20220520/106/1535165/darurat-speech-delay-20-persen-anak-ri-alami-terlambat-bicara

Farid, M. T. (2020). Sistem Pakar Gangguan Komunikasi Pada Anak : Kajian Pustaka Sistematis. The 12th National Conference on Information Technology and Electrical Engineering, 6-8 Oktober 2020, 88.

Harususilo, yohanes enggar. (2019). Speech Delay, Cara Deteksi Dini dan Pencegahannya. https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/11/18144861/speech-delay-cara-deteksi-dini-dan-pencegahannya?page=all#page2

Indrianta, H., & MZ, Y. (2022). Arsitektur sistem pakar. Jurnal Informasi Interaktif, 7.

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan keterlambatan berbicara (speech delay). Preschool, 2(2), 206–216. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/12026

Masitoh. (2019). Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bicara Anak. Jurnal Elsa, 17, 69–73.

Mujiastuti, R., Abdussani, A., & Adharani, Y. (2018). SISTEM PAKAR UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. 1–12.

Muslimat, A. F., Lukman, & Hadrawi, M. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122

Puspitasari, V. indah, & Leny. (2022). Science Project Sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara Pada Speech Delay Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.993

Ramadhani, M. (2020). Jenis-jenis speech delay. Muthebogara Bundalogy. https://muthebogara.blog/2020/10/11/penyebab-speech-delay/#:~:text=ICD-10 adalah sistem klasifikasi penyakit dan masalah terkait,mengatakan pada ICD-10 tidak ada diagnosa speech delay.

Ramadhani, T. F., Fitri, I., & Handayani, E. T. E. (2020). Pengertian Metode Forward Chaining. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 5(2), 81. https://doi.org/10.31328/jointecs.v5i2.1243

Sapto Adhi, I. (2020). 7 penyebab anak terlambat bicara dan cara mengatasinya. Kompas.Com. https://health.kompas.com/read/2020/10/04/180200568/7-penyebab-anak-terlambat-bicara-dan-cara-mengatasinya?page=all#page2




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.15842

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.15842.g6322

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta