SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERINTEGRASI (SIPETIR) BERBASIS WEB PADA KECAMATAN LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN

Herlan Sutisna, Shintia Nurul Khotimah, Haerul Fatah, Agung Baitul Hikmah, Bambang Kelana Simpony, Ai Ilah Warnilah, Saeful Bahri

Sari


Sistem informasi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan khususnya instansi pemerintahan agar dapat menciptakan suatu Pelayanan Publik diantaranya Pelayanan Administrasi Kependudukan yang efektif dan efisien. Pelayanan yang dilakukan di Kecamatan Luragung masih meggunakan sistem yang konvensional atau manual. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah menggunakan metode waterfall. metode waterfall ini memiliki pendekatan alur hidup perangkat lunak secara terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung. Hasil penelitian di Kantor Kecamatan Luragung yaitu sistem yang berjalan saat ini mengenai permohonan pelayanan masih bersifat konvensional dan pemohon diharuskan datang ke kantor untuk melakukan permohonan. Maka dari itu penulis merancang sebuah website pelayanan terintegrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Luragung Sistem pelayanan terintegrasi berbasis web ini dapat mengoptimalkan penyimpanan data agar terkelola dengan baik karena tersimpan dalam database dan memudahkan dalam pencarian data. Selain itu, sistem ini terintegrasi antara Kecamatan dengan pihak lain diluar Kecamatan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa tanggungjawab dalam pelayanan dan sebagai bentuk transparansi laporan kegiatan pelayanan yang dilakukan pihak lain kepada masyarakat.


Kata Kunci


Layanan Terintegrasi; Perancangan Sistem Informasi; Sistem Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alawiyah, T., Hikmah, A. B., & Simpony, B. K. (2019). Sistem Informasi Data AdminAlawiyah, T., Hikmah, A. B., & Simpony, B. K. (2019). Sistem Informasi Data Administrasi Pemohon E-SIDAPI. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 4(2), 189–195.

Farlina, Y., & Pribadi, D. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Berbasis Website. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 5(02), 180-186.

Rahmadani, E., Informasi, H. S.-… D. S., & 2020, undefined. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus: Cucian Gading Putih). Jim.Teknokrat.Ac.Id, 1(1), 22–30.

Rizki, A., Mukhayaroh, A., & Sihombing, E. G. (2019). Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Toko Mainan Nanda Toys Bekasi. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 5(1), 62–70.

Soegiarto, Kirana, E. C., & Bahar. (2018). Sistem informasi pelayanan masyarakat pada kantor kelurahan guntung paikat banjarbaru. Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan), 5662(November), 24–34.

Reseal, A., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Tikala, 1(1), 1–8




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.15184

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.15184.g6015

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta