IMPLEMENTASI WHATSAPP GATEWAY DALAM SISTEM PEMBELIAN TIKET BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KOLAM RENANG JC OEVANG OERAY PONTIANAK)

Denny Wanner Siallagan, Ilhamsyah Ilhamsyah, Ferdy Febriyanto

Sari


JC.Oevang Oeray adalah salah satu tempat wisata di kota Pontianak yang menyediakan berbagai fasilitas dan wahana bermain air dimana pelayanan tiket masuk bagi pengunjung yang datang masih bersifat manual sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya antrian dalam pembelian tiket. Guna mempermudah calon pengunjung untuk mendapat pelayanan yang lebih baik, maka perlu adanya suatu sistem atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membeli tiket secara online. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi pembelian tiket berbasis web yang diintegrasikan dengan teknologi WhatsApp gateway sebagai pendukung pelayanan bagi pengunjung. Dengan adanya WhatsApp gateway, pengunjung bisa lebih cepat untuk mendapatkan tiket tanpa perlu mengantri untuk membeli tiket masuk loket kolam renang. Dengan adanya sistem pembelian tiket berbasis web ini, pihak pengelola juga dapat melakukan pencatatan penjualan tiket dengan lebih baik karena setiap data tiket yang terjual tersimpan didalam database. Sistem informasi pembelian tiket berbasis web dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. Dalam penelitian ini, WhatsApp  digunakan sebagai media bagi calon pengunjung untuk melakukan registrasi, pembelian tiket, mengirimkan bukti pembayaran, serta menerima e-tiket yang dikirimkan oleh pengelola setelah pembayaran berhasil dilakukan.

Kata Kunci


e-tiket; sistem informasi; whatsapp gateway

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi, L., Arhandi, P. P., & Wibowo, D. W. (2019). Aplikasi Whatsapp Gateway Untuk Notifikasi Surat Peringatan Mahasiswa Menggunakan Metode Mesin Turing Dan Rest. Jurnal Pengembangan Manajemen Informatika dan Komputer VOL. 10, NO. 1, halaman 49-55.

Akbar, M. F. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Di Kolam Renang Failda Sukanagara Cianjur Selatan. Bandung.

Anwardi, A., Ramadona, A., Hartati, M., Nurainun, T., & Permata, E. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. JRSI(Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri), Vol. 7, No.1, halaman 56-60.

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas, Gramedia.

Kusmanjar, Y. (2010). Model Metode Waterfall dan Kegunaannya Dalam Aplikasi. Penerbit Yudistira.

Massé, M. (2012). REST API Design Rulebook. Sebastopol, California: O’Reilly Media, Inc.

Shalahuddin, M., & Rosa A.S. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Penerbit INFORMATIKA Bandung.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai media komunikasi dan kepuasan dalam penyampaian pesan dikalangan tokoh masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika Vol.6, No.3, Halaman 1-12.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019, October). Sistem informasi penjualan tiket wisata berbasis web menggunakan metode waterfall. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 273-276).




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.14793

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.14793.g6009

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta