ANALISIS FITUR-FITUR DARI BERBAGAI APLIKASI PENCARI PEKERJAAN

Valina Evelyn Pranoto, Neisya Holly Santoso, Abraham Mahayana Setiawan, Felix Gustino Tjuatja, Shaquille Ditama Putra, Rahmi Yulia Ningsih, Chairani Putri Pratiwi

Sari


Aplikasi pencari pekerjaan adalah salah satu jenis aplikasi yang sedang populer di berbagai negara. Namun, pemakaian aplikasi pencari pekerjaan oleh masyarakat Indonesia masih belum optimal. Adapun penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan tersebut. Penelitian memiliki tujuan untuk membantu para pengembang aplikasi pencari pekerjaan dalam mempertimbangkan fitur yang dihadirkan. Melalui metode studi literatur dan analisis isi, peneliti memaparkan fitur-fitur yang dimiliki oleh berbagai aplikasi pencari pekerjaan, yaitu LinkedIn, Kalibrr, dan Jobstreet serta mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan fitur tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa fitur Filter dan Reccomended Jobs dihadirkan oleh kebanyakan aplikasi pencari kerja. Tidak hanya itu, beberapa fitur diantaranya ATS, Company Review, Course, Resume Templates, dan Discussion Forum juga turut ambil andil dalam penyuksesan aplikasi pencari pekerjaan yang telah ada saat ini. Peneliti juga memberikan saran pengembangan fitur dan sejumlah rekomendasi fitur untuk pengembangan aplikasi pencari pekerjaan. Rekomendasi fitur tersebut, yakni fitur Expert Class dan Career Consultant yang dilengkapi dengan fitur Starred and Notification. Dengan adanya analisis fitur-fitur serta rekomendasi dari peneliti, para pengembang aplikasi pencari pekerjaan diharapkan dapat mempertimbangkan hasil analisis untuk menuangkan inovasi mereka agar aplikasi pencari pekerjaan bisa menjadi lebih baik dan dapat mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.

Kata Kunci


fitur; aplikasi; pekerjaan; pengangguran; perekrut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alzyoud, F. Y., & Al_Zyadat, W. J. (2016).

The classification filter techniques by field of application and the results of output. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 68–77. https://www.researchgate.net/publicatio n/327207371

Annur, C. M. (2022, September 7). 6 Platform Lowongan Kerja Paling Banyak Digunakan di Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapubli sh/2022/09/07/6-platform-lowongan- kerja-paling-banyak-digunakan-di- indonesia

Atmoko, F. K. (2017). PEMAKAIAN REKRUTMEN ONLINE DI INDONESIA PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Agora, 5(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/6094

Avelyn, M. W. (2018). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED OF ENJOYMENT TERHADAP NIAT PENCARI KERJA DALAM MENGGUNAKAN E- REKRUTMEN DENGAN PERCEIVED USEFULNESS SEBAGAI VARIABEL

MEDIASI (Studi Pada Pengguna E- Rekrutmen Kalibrr). E-Journal.Uajy.Ac.Id, 1–11. https://e-journal.uajy.ac.id/16864/

Badan Pusat Statistik. (2022, May 9). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/202 2/05/09/1915/februari-2022--tingkat- pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5- 83-persen.html

Budiasningrum, R. S., Rosita, R., Setiawan, J., Yuliana, D., & Astuti, E. D. (2022). TIPS MEMBUAT CV ATS FRIENDLY. JURNAL ABDIMAS PLJ, 2(1), 17–21. https://plj.ac.id/ojs/index.php/JAPLJ/arti cle/view/631

Carr, C. T. (2016). An Uncertainty Reduction Approach to Applicant Information-seeking in Social Media: Effects on Attributions and Hiring. In R. Landerss· & Schmidt (Eds.), Social Media in Employee Selection and Recruitment Theory, Practice, and Current Challenges (pp. 59– 78). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 29989-1

Creswell, J. W. (2013). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Los Angeles, Calif. : SAGE. https://fe.unj.ac.id/wp- content/uploads/2019/08/Research-

Design_Qualitative-Quantitative-and- Mixed-Methods-Approaches.pdf

Dukcapil Kementrian Dalam Negeri. (2022, August 31). Dukcapil Kemendagri Rilis Data Penduduk Semester I Tahun 2022, Naik 0,54% Dalam Waktu 6 Bulan. Dukcapil.Kemendagri.Go.Id. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1396/dukcapil-kemendagri-rilis- data-penduduk-semester-i-tahun-2022- naik-054-dalam-waktu-6-bulan

Dwi, R., & Susilo, H. (2018). PERILAKU PENEMUAN INFORMASI LULUSAN FRESH GRADUATE FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA DALAM PROSES PENCARIAN PEKERJAAN. Repository.Unair.Ac.Id, 1–11. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7 4748

Gagua, L., & Chapman, D. (2015). E-recruitment and Applicant Tracking System : New age of technology based applicant screening. Threat or opportunity? http://www.theseus.fi/handle/10024/99 061

Gardenia, Y., & Hardaya, A. (2021). PERANCANGAN FORUM DISKUSI UNIVERSITAS SURYADARMA BERBASIS WEBSITE DAN APLIKASI ANDROID. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(1), 203–212. https://doi.org/10.35968/JSI.V8I1.617

Jobstreet. (n.d.). About Us - JS AboutUs. Jobstreet.Com. Retrieved October 31, 2022, from https://www.jobstreet.com/about-us

Jobstreet. (2022a, June 20). Template CV Gratis yang Membuat Kamu Lebih Menarik - JobStreet Indonesia. Www.Jobstreet.Co.Id. https://www.jobstreet.co.id/career- resources/job-hunting/template-cv- gratis-yang-membuat-kamu-lebih- menarik/

Jobstreet. (2022b, June 30). JobStreet.com Hadirkan Fitur “Company Reviews” - JobStreet Indonesia. Www.Jobstreet.Co.Id. https://www.jobstreet.co.id/career- resources/plan-your-career/jobstreet- com-hadirkan-fitur-company-reviews/

Kalibrr. (2022, September). How do job recommendations work? – Kalibrr Help Center. Kalibrr-Support.Zendesk.Com. https://kalibrr- support.zendesk.com/hc/en- us/articles/360016101992-How-do-job- recommendations-work-

LinkedIn. (2022a). Perbedaan antara Recruiter dan Recruiter Lite | LinkedIn Help. LinkedIn.Com. https://www.linkedin.com/help/linkedin

/answer/a404638/perbedaan-antara- recruiter-dan-recruiter-lite?lang=in

LinkedIn. (2022b, May). LinkedIn Learning - Overview | Learning Help.

Www.Linkedin.Com. https://www.linkedin.com/help/learning

/answer/a700789/linkedin-learning- overview?lang=en

Magno, J. (2014). Finding the Right ATS for your Company: 3 Questions to Ask Finding the Right ATS for your Company: 3 Questions to Ask Finding the right ATS for your company. https://s3-ap-southeast- 1.amazonaws.com/kalibrr- whitepapers/Kalibrr-Whitepaper- Finding-the-Right-ATS-for-your- Company-140731.pdf

Parker, M. (2014, May 12). Creating a Engaging LinkedIn Group Discussion. Www.Linkedin.Com. https://www.linkedin.com/pulse/201405 12224410-1171936-creating-a-engaging- linkedin-group-discussion

Pradiptaa, O. A., Sukarsaa, I. M., & Dharmaadib, a. P. A. (2022). Pengembangan Ui Aplikasi Mobile Konsultasi Karir Menggunakan Metode Lean Ux. JITTER: Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 3(1), 974–984. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/ar ticle/download/84782/43682

Roulin, N., & Levashina, J. (2016). Impression Management and Social Media Profiles. In R. Landerss· & Schmidt (Eds.), Social Media in Employee Selection and Recruitment Theory, Practice, and Current Challenges (pp. 223–248). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 29989-1

Shields, B., & Levashina, J. (2016). Comparing the Social Media in the United States and BRIC nations, and the challenges faced in international selection. In R. Landerss· & Schmidt (Eds.), Social Media in Employee Selection and Recruitment Theory, Practice, and Current Challenges (pp. 157– 174). Springer International Publishing.

The World Bank. (2021, July 28). Ensuring a More Inclusive Future for Indonesia through Digital Technologies. Worldbank.Org. https://www.worldbank.org/in/news/pr ess-release/2021/07/28/ensuring-a- more-inclusive-future-for-indonesia- through-digital-technologies

Utama, F. (2020, February 7). Survei: 87 Persen Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan. INews.Id. https://www.inews.id/news/nasional/su rvei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia- salah-jurusan

Widi, S. (2022, August 15). Pengguna Linkedin di Indonesia Capai 22,07 Juta pada Juli 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/p engguna-linkedin-di-indonesia-capai- 2207-juta-pada-juli-2022




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.14409

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v11i1.14409.g6011

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta