Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model Addie

Zeny Novia Adesfiana, Indri Astuti, Eny Enawaty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Chatbot berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research dan Development dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan Chatbot menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap implementasi. Hasil dari pengembangan ini adalah Chatbot CANTIK (Chatbot Statistik). Dapat disimpulkan bahwa model ADDIE sangat efektif digunakan sebagai salah satu pengembangan Chatbot berbasis Web. Tahapan-tahapan ADDIE juga sangat sistematis sehingga dihasilkan produk yang siap digunakan.


Kata Kunci


addie;chatbot;teknologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia The Development Of Multimedia-Based InteractiveLearning Media. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 97–110.

Dewi, D. A. (2021). Panduan Teknis Chatbot ACITA Versi 1.0. 2, 5.

Dhamantara, Y. (2022). Pengembangan Aplikasi Chatbot Whatsapp Materi Pesawat Sederhana Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(1), 111–120.

Herwin, & Andesa, K. (2019). Super Agent Chatbot “3S” Sebagai Media Informasi Menggunakan Metoda Natural Language Processing(NLP). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 2(1), 53–64. https://doi.org/10.36378/jtos.v2i1.144

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Najuah, N., Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. (2021). The Development Electronic Module Of History Using ADDIE Model. International Journal of Educational Research & Social Sciences , 2(6), 1658-1663.https://ijersc.org

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Sar’iyyah, N., Abdullah, A. neneng, & Novianti, C. (2018). Model ADDIE Berbasis Kearifan Lokal ENDE-LIO Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Desain Pembelajaran IPA Pada Mahasiswa PGSD UNIFLOR. Journal of Elemantary School (JOES), 1(2), 175–181.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Supardi, S. U. S. (2015). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78–96. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.115

Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11(1), 313–330.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050.g5716

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta